Plt Kepala Dinas TPHPKP Ariyadin Arif : Tidak Sampai 45 Menit Beras Bulog Habis Hingga 3 Ton di Pasar Murah Soppeng -->


 

Translate


Plt Kepala Dinas TPHPKP Ariyadin Arif : Tidak Sampai 45 Menit Beras Bulog Habis Hingga 3 Ton di Pasar Murah Soppeng

CELEBESINDO
Jumat, 14 Juni 2024


Soppeng, Celebesindo.com, Dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan strategis menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional Idul Adha 1445 H/2024, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultira, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng berkolaborasi dengan Dinas PPK UMK, Bulog dan Misi Pasar Raya menggelar kembali Pasar Murah 2 (dua) menjelang Idul Adha yang dilangsungkan di pelataran masjid raya Darussalam Watansoppeng. Sabtu (15/6/2024).


Plt Kadis TPHPK Ariyadin Arif, S TP, M.Si mengungkapkan bahwa, Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan harga yang sedikit melonjak dipasar umum terutama komoditi yang berpotensi menjadi pemicu inflasi seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe besar dan beras, ujarnya.

Nampak masyarakat dari berbagai penjuru wilayah Soppeng mulai tumpah ruah berdatangan bahkan berdesakan membeli berbagai bahan pokok.


"Ini menandakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat berdampak bagi masyarakat serta perputaran ekonomi di Kabupaten Soppeng, tandas Ariyadin Arif.

Ariyadin menuturkan bahwa, Bahan pangan yang banyak diminati masyarakat dalam kegiatan pasar murah ini yakni telur ayam ras, beras, gula pasir, minyak goreng, bawang putih, bawang putih dan cabe merah, bebernya.

Dalam kegiatan pasar murah tersebut, tidak sampai 45 menit beras SHS dari bulog habis hingga 3 ton, terang Ariyadin.

Menurut Ariyadin, yang laku keras adalah beras SPHP dengan telur 250 rak yang hanya butuh waktu 30 menit, tandasnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Soppeng Ir H. Lutfi Halide, MP yang didampingi Kasilog Soppeng saat membuka pasar murah tersebut mengatakan, Gerakan ini bagian dari gerakan Pasar Murah yang terintegrasi terkait dengan inflasi daerah, yang merupakan program Pemerintah mulai dari Pusat sampai Pemerintah Daerah, yang juga sekaligus rutinitas pemerintah daerah kabupaten Soppeng setiap menghadapi Idul Adha, ungkapnya.

"Kami berharap Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di kabupaten Soppeng  menjelang hari raya idul Adha dapat berjalan normal, pungkas Wabup H Lutfi Halide.

Sekadar diketahui harga bahan pokok dalam kegiatan pasar murah tersebut yakni :

Bawang merah Rp 30.000/Kg

Bawang putih Rp 38.000/Kg

Cabai besar Rp 10.000/Bks

Cabai rawit Rp 10.000/Bks

Minyak goreng KITA Rp. 13.000/Ltr

Minyak goreng ALIF Rp 33.000/2Ltr

Minyak goreng Rizky Rp 15.500/Ltr

Gula pasir Rp 17.000/Kg

Tepung atulip Rp 7.500/Kg

Tepung Kompas Rp 9.500/Kg

Tepung 2 pedang Rp 7.600/Kg

Telur ayam ras Rp 46.000/rak

Beras sphp Rp 57.000/5Kg

Beras premium Rp 56.000/5Kg.

(Red)