Meski Memimpin Survey, Andi Ina Perlu Waspadai Klan Suardi -->


 

Translate


Meski Memimpin Survey, Andi Ina Perlu Waspadai Klan Suardi

CELEBESINDO
Rabu, 19 Juni 2024


Makassar, Celebesindo.com- Lembaga Riset dan Konsultan Politik, Nurani Strategic, menyebut Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika, tengah memimpin persepsi positif mayoritas pemilih di Barru. 


Direktur Nurani Strategic, Dr. H. Nurmal Idrus, mengatakan riset pendahuluan lembaganya jelang Pilkada Barru memperlihatkan penerimaan masyarakat yang tinggi terhadap kader Bendahara Partai Golkar Sulsel ini. "Kami melakukan riset awal di awal Juni 2024 ini dan beliau (Andi Ina) masih stabil memimpin persepsi positif di mayoritas pemilih jelang Pilkada Barru," katanya di Makassar, Kamis, 20 Juni 2024. 


Nurmal tak menyebut persentase keunggulan Andi Ina, namun ia membeberkan bahwa dua anggota klan Bupati Suardi Saleh membuntuti di belakang. "Ada dua anak Bupati Suardi Saleh membuntuti diurutan berikutnya yaitu Teguh Iswara dan dr. Ulfah," terang mantan Ketua KPU Makassar ini. 


Di level berikutnya ada nama Wakil Bupati Aska Mappe, Andi Mirza Riogi, Arizaldi Aras dan Mudassir Hasri Gani. "Level 01 menurut saya hanya ada di Andi Ina, Teguh, dr. Ulfah dan Aska Mappe. Di level 02 yang terbaik secara berurutan ada Mirza, Arizaldi dan Mudassir," bebernya. 


Terkait dengan faktor Bupati Suardi Saleh, Nurmal Idrus menyatakan secara elektoral masih akan sangat berperan. "Secara elektoral tentu sangat berperan. Posisi Bupati menguntungkan secara elektoral karena menguasai struktur dan infrastruktur pemilih, jadi meski memimpin persepsi menurut saya Andi Ina perlu menempatkan faktor dukungan Bupati ke anaknya sebagai perhatian utama," Pungkasnya.