Dapat Apresiasi dari Pengawas, Ternyata Begini Cara Metode Pembelajaran di SDN 7 Salotungo Yang Sangat Disenangi Siswa-siswi -->


 

Translate


Dapat Apresiasi dari Pengawas, Ternyata Begini Cara Metode Pembelajaran di SDN 7 Salotungo Yang Sangat Disenangi Siswa-siswi

CELEBESINDO
Selasa, 04 Juni 2024

Soppeng, Celebesindo.com, Ada banyak cara para guru pendidik untuk melakukan proses belajar mengajar yang disenangi oleh para siswa-siswi seperti halnya di SDN 7 Salotungo yang terus berinovasi dalam menciptakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan efektif bagi siswa-siswanya. Rabu (5/6/2024). 


Salah satu guru yang menunjukkan kreativitas dan dedikasinya adalah Andi Arfia Arifai, S. Pd sosok pengajar praktek (PP) di kelas III B. 


Melalui metode pembelajaran yang inovatif, Andi Arfia Arifai mengajarkan siswa cara menggambar denah kelas untuk memahami arah mata angin.


Menurut Dia, "Metode ini tidak hanya mengajarkan siswa tentang konsep ruang dan arah, tetapi juga membuat proses belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, namun Siswa-siswi diajak untuk menggambar denah kelas mereka sendiri, menandai posisi meja, pintu, jendela, dan menentukan arah mata angin seperti utara, selatan, timur, dan barat.


Salah satu siswa mengungkapkan kegembiraannya yang mengatakan, "Dirinya sangat senang belajar dengan cara ini. 


"Dengan metode pembelajaran ini, Saya bisa mengetahui di mana arah utara dan selatan di kelas kami, tuturnya. 


"Sekarang saya lebih paham tentang arah mata angin," ujar seorang siswa kelas III B dengan antusias.


Dikesempatan itu, Andi Arfia Arifai, S. Pd., menjelaskan bahwa tujuan dari metode ini adalah untuk membuat siswa lebih memahami konsep arah mata angin dengan cara yang praktis dan menarik. 


"Dengan menggambar denah kelas, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga menerapkannya dalam konteks yang nyata. 


"Ini membantu mereka mengingat dan memahami materi dengan lebih baik," jelasnya.


Metode ini mendapat respons positif dari para siswa yang merasa pembelajaran menjadi lebih hidup dan bermakna. 


Mereka tidak hanya duduk mendengarkan penjelasan, tetapi juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan menggambar dan mengidentifikasi arah mata angin.



Sudirman, S. Sos., S. Pd, Pengawas Gugus 1 Soppeng, mengapresiasi inovasi yang diterapkan oleh Andi Arfia Arifai. 


Kata Sudirman, "Metode pembelajaran yang diterapkan oleh Andi Arfia Arifai sangat kreatif dan efektif. 


"Ia berhasil membuat siswa antusias dan senang belajar, dan ini adalah contoh nyata bagaimana metode yang inovatif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran," kata Sudirman.


Dengan terus berinovasi dalam metode pembelajaran, SDN 7 Salotungo berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan efektif bagi siswa. 


Inovasi seperti ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru lain dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Soppeng.


Publisher : YM