Wilayah Kecamatan Pitumpanua Wajo Kembali Dilanda Banjir, Sawah Milik Petani Terancam Rusak -->


 

Translate


Wilayah Kecamatan Pitumpanua Wajo Kembali Dilanda Banjir, Sawah Milik Petani Terancam Rusak

CELEBESINDO
Kamis, 02 Mei 2024


Wajo, Celebesindo.com, Wilayah Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan kini kembali dilanda banjir. 


Banjir kali ini nampak lebih besar dibanding beberapa tahun terakhir ini. 


Menurut salah satu warga di Desa Lacinde, diperkirakan ribuan rumah terendam banjir. 


Selain ribuan rumah, banjir kali ini juga merendam lahan persawahan masyarakat yang saat ini sedang musim panen, yang akibatnya, sawah milik warga terancam rusak.


"Banjir kali ini lebih besar dari beberapa tahun terakhir. Kami perkirakan ribuan rumah warga terendam banjir di beberapa desa. 


"Ini disebabkan tingginya curah hujan yang turun Pitumpanua dan kiriman banjir dari Kabupaten Sidrap" kata Musmuliadi Jumat (3/5).


Beberapa ruas jalan sudah mulai terendam. Sehingga masyarakat kesulitan keluar rumah. Salah satunya di ruas jalan poros Tanrongi, Kecamatan Pitumpanua menuju ke Bulete dan beberapa desa tetangga, tepatnya di Desa Lacinde, ruas jalan ini arus lalu lintas terputus sebab ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Sehingga kendaraan roda dua dan beberapa roda empat tidak bisa melewatinya.



Saat ini tidak banyak yang bisa dilakukan oleh masyarakat terdampak banjir selain evakuasi barang berharga dan keluarga.


"Selain evakuasi mandiri barang berharga dan keluarga, tidak banyak yang bisa dilakukan oleh masyarakat, sebab hingga berita ini di rilis belum ada tanda - tanda banjir mulai surut." Ucap Mus


Dari beberapa informasi yang ada, kondisi air mulai tinggi sejak subuh tadi dan mulai masuk ke pemukiman sejak pagi hari.


"Banjir mulai meluap ke pemukiman Warga sejak pagi tadi dan beberapa warga masih bertahan dirumahnya serta berharap banjir akan segera surut." Tutup Mus.