Wakil Bupati Lutfi Halide Inginkan Pemeliharaan Kepiting Berbasis Rumah Tangga, Masa Depan Ekonomi Kerakyatan di Soppeng -->


 

Translate


Wakil Bupati Lutfi Halide Inginkan Pemeliharaan Kepiting Berbasis Rumah Tangga, Masa Depan Ekonomi Kerakyatan di Soppeng

CELEBESINDO
Minggu, 19 Mei 2024


Soppeng, Celebesindo.com, Wakil Bupati Soppeng, Ir H Lutfi Halide, MP bersama anggota DPRD kabupaten Soppeng, Andi Samsu Rijal, serta sejumlah tokoh masyarakat, melakukan diskusi konstruktif tentang pemeliharaan kepiting berbasis rumah tangga di salah satu Warkop , Minggu (19/5/2024).


Diskusi, yang dihadiri oleh berbagai pihak tanpa keterlibatan politik, berlangsung hangat dan produktif. Salah satu poin penting yang dibahas adalah inovasi ekonomi kerakyatan melalui pemeliharaan kepiting berbasis rumah tangga.


Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide, menuturkan, pentingnya pendekatan inovatif dalam menjaga ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan ekonomi kerakyatan.


Menurutnya, pemeliharaan kepiting berbasis rumah tangga, dengan pakan ikan sapu (bale tokke) yang melimpah di kecamatan Marioriawa, dapat menjadi solusi yang efektif.


Pemimpin visioner ini menegaskan niatnya untuk tidak menggunakan dana APBD dalam proyek ini, melainkan menggandeng lembaga keuangan lokal dengan modal awal dari dana KUR BPD.


"Rencana eksekusi proyek ini melibatkan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk sekda Bone dan kepala karantina Papua, untuk pengadaan bibit kepiting. Selain itu, perencanaan masa depan mencakup pengaturan penggemukan kepiting, pemasaran berkelompok, dan strategi jangka panjang untuk memastikan kesinambungan program ini,”jelas Lutfi.


Anggota DPRD, Andi Samsu Rijal, dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya, memberikan respon positif terhadap gagasan ini, menyadari pentingnya mendukung ekonomi kerakyatan yang berkelanjutan.


(Red)