Wabup Lutfi Halide Hadiri Ramah Tamah Kelas XII Angkatan XXVII SMKN 1 Soppeng -->


 

Translate


Wabup Lutfi Halide Hadiri Ramah Tamah Kelas XII Angkatan XXVII SMKN 1 Soppeng

CELEBESINDO
Minggu, 12 Mei 2024


Soppeng,  Celebesindo.com, Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide, MP menghadiri acara ramah tamah  siswa-siswi kelas XII SMKN 1 Soppeng Angkatan ke XXVII yang dilangsungkan di ruang gedung Lapatau Watansoppeng, Senin (13/5/2024). 


Kegiatan Ramah Tamah Feetysegen ini dihadiri Kepala Cabang Dinas Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala SMKN 1 Soppeng, para pengurus osis selaku pelaksana, para orang tua siswa-siswi dan alumni. 


Kepala SMKN 1 Soppeng, Drs. Abd.Halid.,M.Pd dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran wakil Bupati Soppeng dan seluruh tamu undangan diacara ramah tamah kelas 12 angkatan XVII SMK 1 Soppeng. 


"Hari ini kami selaku penanggung jawab SMK 1 Soppeng telah meluluskan 223 siswa dari 6 jurusan, diantaranya perhotelan, Kuliner, teknik elektronik dan Industri, Teknik Kecantikan Kulit dan Rambut, Desain dan Produksi Busana, teknik Komputer dan jaringan, urainya. 


Wakil Bupati Soppeng H Lutfi Halide dalam sambutannya mengatakan bahwa SMKN 1 Soppeng yang telah menamatkan alumininya yang ke 27 sehingga diumur 27 tersebut jika diibaratkan manusia maka umur SMKN 1 Soppeng telah dewasa dengan segala kematangan jasmani dan rohaninya, jelas Wabup Soppeng. 


"Namun karena kedewasaannya itu, tentu menghadapi tantangan yang kompleks saat ini sehingga SMKN 1 Soppeng ini sebagai satuan pendidikan yang mempersiapkan generasi maka harus siap menjawab tantangan kebutuhan masyarakat yakni alumni yang memiliki keterampilan khusus dan spesifik, terang Wabup Lutfi Halide. 


Dikatakan Wabup, "Saat ini hampir sudah tidak ada lagi lembaga penerima tenaga kerja yang tidak mempersyaratkan keterampilan dan kecakapan seperti menguasai komputer dan penggunaan aplikasi maupun penguasaan IT. 


" Hal itulah yang menjadi tantangan bagi satuan pendidikan untuk membina dan mengembangkan minat dan bakat peserta didiknya sebagai bekal di masa depannya. 


Lutfi Halide menekankan bahwa sebagaimana utama penyelenggaraan pendidikan SMK yaitu mempersiapkan peserta didik untuk masuk ke lapangan kerja sesuai keahlian dan kekhususannya, sehingga kami dari pemerintah selalu mendorong kemajuan pendidikan di Bumi Latemmamala dan termasuk bagian dari Visi Misi pemerintah daerah kabupaten soppeng. 


"Kemudian khusus untuk penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah, anggaran yang dialokasikan pada bidang pendidikan sudah sangat besar, meskipun jumlah PAD Soppeng sedikit, katanya. 


Dikesempatan itu, Wabup Soppeng juga membeberkan bahwa Dinas pendidikan telah merealisasikan anggaran untuk aplikasi E-Guru dan penyediaan papan tulis digital layar sentuh (Videotron mini) di SMP dan SD. 


"Hal ini dilakukan, lanjut Wabup, 

Untuk menciptakan pembelajaran menyenangkan sesuai dengan harapan kurikulum merdeka. 


Menurutnya, " Jika pembelajaran menyenangkan maka insyaallah hasil pembelajarannya akan bermakna yang pada akhirnya akan berdampak positif kepada perkembangan peserta didik. 


Selain itu, kata Wabup, bahwa, "Pemerintah daerah kabupaten Soppeng pernah mengalokasikan dana beasiswa kepada satuan pendidikan SD, SMP, SMA/SMK dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri tetapi dalam perjalanannya sesuai regulasi dan kewenangan pemerintah daerah kabupaten, yang hanya boleh alokasikan pada jenjang Paud, SD dan SMP, sebut Wabup Lutfi Halide. 


Wakil Bupati Soppeng H Lutfi Halide dalam akhir sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh peserta didik yang telah menamatkan pendidikannya di SMKN 1 Soppeng ini untuk menjaga nama baik almamater dan menjaga nama baik kabupaten Soppeng Bumi Latemmamala serta selalu berusaha memberikan kesan bahwa inilah Alumni SMKN 1 Soppeng dan bukan sebaliknya dengan  kata, "Begitukah Alumni SMKN 1 Soppeng, pungkasnya. 


(Red)