Peserta Didik SDN 3 Lemba Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Pemerikasaan Berkala yang Maksimal dari Pemkab Soppeng -->


 

Translate


Peserta Didik SDN 3 Lemba Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Pemerikasaan Berkala yang Maksimal dari Pemkab Soppeng

CELEBESINDO
Selasa, 21 Mei 2024


Soppeng, Celebesindo.com, Dalam rangka peningkatan kesehatan anak usia sekolah, Pemerintah Kabupaten Soppeng, Dinas Kesehatan Soppeng bekerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng dalam hal ini SDN.3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng melakukan pemantauan kesehatan anak sekolah melalui kegiatan pemeriksaan berkala.


Pemeriksaan Berkala merupakan suatu pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang dapat mengganggu proses belajar dan tumbuh kembang anak sehingga dapat ditindaklanjuti dengan segera.


Kepala SDN.3 Lemba, Falmunadi, S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Soppeng atas segala upaya dalam peningkatan kesehatan yang sehat untuk para generasi kita, khususnya buat peserta didik SDN.3 Lemba. Ia menjelaskan bahwa, Pemeriksaan berkala telah dilaksanakan oleh Puskesmas Salotungo selama 2 hari Senin hingga Selasa  tanggal 20-21  Mei 2024 di SDN.3 Lemba. 


Kegiatan tersebut tidak hanya  memeriksa kesehatan anak didik tetapi  memberikan Penyuluhan kepada peserta didik  oleh petugas Dinas Kesehatan dan petugas Puskesmas Salotungo sehingga anak sekolah mengerti/paham tentang kesehatan serta mau dan mampu menjaga kesehatannya.


Dikatakan pula bahwa, Pemeriksaan berkala ini yang dilaksanakan terdiri dari; Pemeriksaan status gizi, kebersihan diri, gangguan penglihatan, gangguan gigi dan mulut serta kebugaran jasmani, pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah (menggunakan pengukur tekanan. Nah, segala yang berkaitan dengan kesehatan semuanya dideteksi dan diperiksa, karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting buat generasi dalam menyongsong masa depannya. Tutur Falmunadi.


Dengan kegiatan ini merupakan pencegahan penyakit, kegiatan pemberian obat cacing sebagai kegiatan rutin pencegahan penyakit pada anak usia sekolah pada setiap tahun ajaran dan diakhir tahun ajaran sebagai salah satu pelayanan dasar pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan kabupaten Soppeng.