Komitmen Pemdes Tinco Cegah Stunting Dengan Pemberian Makanan Tambahan Bagi Ibu Hamil dan Anak Stunting -->


 

Translate


Komitmen Pemdes Tinco Cegah Stunting Dengan Pemberian Makanan Tambahan Bagi Ibu Hamil dan Anak Stunting

CELEBESINDO
Selasa, 21 Mei 2024

 


Penyerahan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Ibu Hamil dan Anak Stunting oleh Kepala Desa Tinco Mannahawu,. S.IP (ist).

Soppeng, Celebesindo.com
Pemerintah Desa Tinco mengimplementasikan komitmennya dalam pencegahan dan penanganan stunting melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Ibu Hamil dan Anak Stunting yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tinco Kecamatan Citta. Senin pagi (20/5/2024). 

Menurutnya, Kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil sangatlah penting di masa kehamilan yang kemungkinan Ibu hamil tersebut mempunyai riwayat penyakit yang dapat memengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan.

Ia juga menyampaikan bahwa Stunting bisa juga terjadi bila ibu hamil tidak cukup mendapatkan asupan nutrisi seperti kalsium, zat besi, asam folat, omega-3, serta vitamin dan mineral penting lainnya sehingga sebagai pemerintah berkewajiban untuk mengintervensi dengan melakukan pencegahan dan penanganan.

"Karena jika tidak maka dapat berakibat pada janin di dalam kandungan yang tidak mendapat nutrisi sehingga saat lahir berat badan bisa saja rendah, dan dapat terjadi risiko gizi buruk, atau komplikasi lain.

Menurut Kepala Desa Tinco Mannahawu bahwa kegiatan ini merupakan wujud dan komitmen pemerintah Desa Tinco untuk pencegahan dan penanganan stunting, tegasnya.

”Dalam program ini anak-anak akan diberikan makanan yang kaya akan nutrisi, guna untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat,” terangnya.

Mannahawu berharap, dengan langkah-langkah seperti ini, masalah stunting di desa tinco dapat ditekan semaksimal mungkin.

”Hal itu agar generasi muda di Desa Tinco ini dapat tumbuh dengan sehat dan berkembang sehingga dalam pertumbuhannya sesuai dengan umurnya,” urai Mannahawu.

Sekadar diketahui dalam kegiatan penyerahan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ini dihadiri oleh Babinkamtibmas Kecamatan Citta, Kepala UPTD Puskesmas Citta, PD.PLD Kecamatan Citta, PPL KB Kecamatan Citta, Bidan Desa tinco, Kader Posyandu Desa Citta, para ibu hamil dan orang tua penderita stunting yang ada di Desa Tinco.