Kolaborasi Pemerintah Desa Donri-Donri, TNI dan Masyarakat Gotong Royong Pembersihan Lingkungan Pasar dan Saluran -->


 

Translate


Kolaborasi Pemerintah Desa Donri-Donri, TNI dan Masyarakat Gotong Royong Pembersihan Lingkungan Pasar dan Saluran

CELEBESINDO
Minggu, 05 Mei 2024


Soppeng, Celebesindo.com, Dalam rangka menciptakan lingkungan pasar yang bersih dan sehat serta nyaman bagi pengunjung, pemerintah Desa Donri-Donri bersama para personil Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Lalabata dan Posramil Donri-Donri dan masyarakat melaksanakan kegiatan Karya Bakti/Gotong royong pembersihan di sekitar Pasar Tradisional Tajuncu Desa Donri Donri Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng. Sabtu (04/05/2024). 


Kegiatan Karya Bakti tersebut dihadiri langsung Kepala Desa Donri-Donri Jamil Hasan bersama Danposramil Donri Donri Pelda Mursalim. 


Karya bakti tersebut difokuskan pada sasaran pembersihan sampah dan pembabatan rumput di seputar Terminal Pasar Tajuncu, pembersihan Selokan dan sampah organik maupun non organik yang ada diseputar terminal Pasar. 


Kegiatan ini melibatkan Anggota Koramil 1423-01/Lalabata dan Anggota Pos Ramil Donri Donri, Kades Donri Donri bersama Staf, Ketua Panitia KKN UNIPOL bersama dengan KKN Lamappapoleonro, Ketua RT bersama Masyarakat. 


Pelda Mursalim dalam kesempatannya mengatakan bahwa, kegiatan pembersihan ini sebagai upaya bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan khususnya di area publik termasuk pasar tradisional.


Selain itu, karya bakti dan atau gotong royong ini juga untuk mengantisipasi terjadinya banjir pada saat memasuki musim penghujan saat ini. 


"Hal ini sejalan dengan peran TNI dalam mendukung program pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat, terangnya. 


Pelda Mursalim, lebih lanjut mengatakan bahwa, selain membersihkan lingkungan pasar, kita juga membersihkan saluran air yang tersumbat diselokan selokan yang ada dipasar guna mencegah terjadinya banjir dan sekaligus untuk kenyamanan bersama saat berbelanja dipasar yang merupakan tempat bertemunya banyak orang antara pedagang dan pembeli dari berbagai daerah, tandasnya. 


Sementara itu, Kepala Desa Donri Donri Jamil Hasan mengapresiasi partisipasi dan peran aktif TNI khusunya Kodim 1423/Soppeng bersama dengan masyarakat dalam menjaga kebersihan pasar. 


Menurutnya, "Pentingnya kolaborasi antara TNI, Pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan khususnya pasar sebagai salah satu sarana ekonomi masyarakat, ujarnya.


"Dengan adanya kegiatan ini, maka terjalin hubungan silaturahmi yang harmonis, serta TNI khususnya Kodim 1423/Soppeng semakin jaya dan Manunggal bersama Rakyat, pungkasnya. 


(Red)