Beri Support Perbaikan Irigasi Latenreng Yang Jebol, GP3A Padaidi Ucapkan Terimakasih Ke Wabup Soppeng -->


 

Translate


Beri Support Perbaikan Irigasi Latenreng Yang Jebol, GP3A Padaidi Ucapkan Terimakasih Ke Wabup Soppeng

CELEBESINDO
Selasa, 14 Mei 2024


Soppeng, Celebesindo.com, Bendungan irigasi Latenreng yang terletak di Desa Bulue kecamatan Marioriawa kabupaten Soppeng yang mengairi sawah hingga ke wilayah Desa Laringgi dan Kelurahan Manorang Salo yang baru-baru ini runtuh atau ambruk yang disebabkan derasnya air akibat hujan terus terjadi pada jum'at (3/5) sehingga membuat masyarakat petani sekitarnya resah.


Nampaknya keresahan itu diketahui oleh Wakil Bupati Soppeng H Lutfi Halide, MP. 


Keresahan petani ditengah butuhnya air dalam mengairi sawahnya, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Padaidi menggelar rapat yang dilangsungkan di rumah ketua H. Bakri dengan menyepakati untuk melakukan gotong royong dalam memperbaikinya. Minggu (12/5/2024). 


Meski Irigasi Latenreng ini adalah kewenangan dinas PU Pengairan Provinsi Sulawesi Selatan tidak menyurutkan langkah masyarakat untuk melakukan perbaikan yang didukung oleh Wakil Bupati Soppeng Ir H. Lutfi Halide, MP. 


Namun sebelum itu, GP3A Padaidi telah berkonsultasi dengan pihak PU Pengairan provinsi sulawesi selatan dan didapatkan informasi bahwasanya rencana perbaikan tersebut bisa dibiayai pada bulan November 2024 mendatang. 


Meski demikian, GP3A Padaidi dengan support dari Wakil Bupati Soppeng H Lutfi Halide tetap melakukan perbaikan bendungan dan Irigasi yang mengairi sawah 1.400 ha di Desa Laringgi dan 300 ha di wilayah Kelurahan Manorang Salo. Selasa (14/5/2024). 


Dengan semangat para petani dan masyarakat, sekitar 300 orang melakukan perbaikan bendungan dan irigasi yang bobol, yang diawali dengan gotong royong mengangkat material ke lokasi bendungan yang berjarak sepanjang 1 km. 



Kehadiran Wakil Bupati Soppeng H Lutfi Halide yang akrab di sebut Sahabat Petani ini disambut baik oleh masyarakat dan GP3A Padaidi. 


Ketua GP3A H. Bakri menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati Soppeng H Lutfi Halide yang hadir memberikan support dan semangat kepada kami, ujarnya. 


"Yang tidak kalah pentingnya kata H. Bakri adalah bantuan material, Semen, Batu dan Pasir dari pak Wakil Bupati Soppeng H. Lutfi Halide sehingga perbaikan bendungan dan irigasi Latenreng ini yang mendesak untuk dilakukan dapat berjalan dengan baik dan riang gembira, ucapnya. 


Dengan hadirnya Bapak Wakil Bupati Soppeng dalam kegiatan ini menjadi semangat dan harapan besar bagi masyarakat tani khususnya di wilayah kecamatan Marioriawa. 


(Red)