Bakal Jadi Peserta Adiwiyata, SDN 7 Salotungo Terima Kunjungan Tim dari DLHK Sulsel -->


 

Translate


Bakal Jadi Peserta Adiwiyata, SDN 7 Salotungo Terima Kunjungan Tim dari DLHK Sulsel

CELEBESINDO
Selasa, 14 Mei 2024


Soppeng, Celebesindo.com, SDN 7 Salotungo menerima kunjungan dari Tim Adiwiyata yang dipimpin oleh Ibu OKTOFIN PALI, S.T., M.P, Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan. Rabu (15/5/2024). 


Kunjungan ini juga didampingi oleh A.M. Hizbi, A.Md. Ak dan A. Fadlina, S.T dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Soppeng.


Dalam kunjungannya, Rombongan disambut hangat oleh Eria Yuliana, S.Pd, Andi Wahdiati, S.Pd, Rahmil Humaerah, S.Pd, M.Pd, serta seluruh guru SDN 7 Salotungo. 


Penyambutan yang penuh rasa kekeluargaan ini mencerminkan semangat dan kesiapan sekolah dalam mendukung program Adiwiyata.



Kunjungan ini berkaitan dengan persiapan SDN 7 Salotungo sebagai sekolah Adiwiyata, dengan fokus pada beberapa aspek penting yakni :


1. Sanitasi Air : Memperbaiki dan meningkatkan fasilitas sanitasi untuk mendukung kesehatan siswa.


2.Inovasi Sekolah dengan Memanfaatkan Tanaman Obat : Menggunakan tanaman obat di lingkungan sekolah sebagai sarana edukasi dan kesehatan.


3.Pemanfaatan Air Wudhu untuk Sanitasi : Mengalirkan air wudhu ke sistem sanitasi untuk penggunaan air yang lebih efisien.


4. Pemanfaatan Green House : Mengembangkan green house untuk budidaya tanaman yang mendukung program Adiwiyata.


5.Pelabelan Tumbuhan : Memberi label pada setiap tumbuhan di sekolah dengan nama dan manfaatnya untuk mendidik siswa tentang botani.


6. Pengurangan Penggunaan Plastik di Kantin : Mencegah penggunaan kemasan plastik di kantin sekolah guna mengurangi sampah plastik.


7. Penggunaan Tumbler oleh Warga Sekolah : Mengajak siswa dan staf sekolah menggunakan tumbler untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai.


8.Dokumentasi dan Laporan Kegiatan Sekolah : Mewajibkan dokumentasi dan pelaporan setiap kegiatan sekolah untuk evaluasi dan pengembangan program.


Kehadiran Tim Adiwiyata ini diharapkan dapat memperkuat komitmen SDN 7 Salotungo dalam pelestarian lingkungan dan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di Sulawesi Selatan. 


Dengan program Adiwiyata, SDN 7 Salotungo bertekad untuk menjadi pelopor dalam pendidikan lingkungan hidup dan menjaga kelestarian alam.


(Red)