Pertanian Masuk Sekolah, Siswa SD Dian Harapan Makassar Terinspirasi dari Kunjungan di Balai Besar Pelatihan Pertanian -->


 

Translate


Pertanian Masuk Sekolah, Siswa SD Dian Harapan Makassar Terinspirasi dari Kunjungan di Balai Besar Pelatihan Pertanian

CELEBESINDO
Kamis, 25 April 2024


Gowa, Celebesindo.com, Siswa dari SD Dian Harapan Makassar mengalami petualangan pendidikan yang menginspirasi saat melakukan field trip ke Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku. Kunjungan ini dirancang untuk memberikan wawasan mendalam kepada siswa tentang pentingnya pertanian dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana pertanian modern dijalankan.


Lebih dari 42 siswa dari SD Dian Harapan Makassar, yang didampingi oleh guru-guru mereka, berangkat ke Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku dengan semangat dan antusiasme. Mereka diberi kesempatan langka untuk melihat secara langsung berbagai praktik pertanian modern, mulai dari teknik bercocok tanam hingga penggunaan teknologi dalam pertanian.


Mengenalkan dunia pertanian sejak dini menjadi salah satu program Kementerian Pertanian dimana Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman pernah mengatakan bahwa “Keahlian bertanam itu bisa menjadi sebuah aset di masa depan, Untuk itu, program Pertanian Masuk Sekolah (PMS) sangat penting dijadikan materi pembelajaran.”kata Mentan.


Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Prof. Dedi Nursyamsi menjelaskan, “Seluruh kegiatan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan akan mendukung penumbuhan pengusaha pertanian milenial, salah satunya mendukung Program Pertanian Masuk Sekolah”.


“Pertanian Masuk Sekolah, Kata Dedi, "Sebagai upaya untuk mengenalkan pertanian kepada genarasi milenial Indonesia dan upaya menarik minat mereka untuk terjun ke sektor pertanian,” ungkapnya.


Kegiatan field trip ini melibatkan berbagai aktivitas, termasuk kunjungan ke ladang percobaan, demonstrasi alat pertanian modern, dan sesi diskusi dengan para widyaiswar. Siswa-siswa ini juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan praktis, seperti menanam bibit tanaman hidroponik dan melihat berbagai macam pengenalan tanaman di BBPP Batangkaluku..


"Kami sangat senang melihat antusiasme siswa kami dalam mengikuti field trip ini. Mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru tentang pertanian, tetapi juga memperoleh pengalaman berharga yang akan membantu mereka dalam memahami pentingnya pertanian dalam mencukupi kebutuhan pangan masyarakat," ujar Widuri Rumjati, salah satu guru pendamping.


Kunjungan ini tidak hanya memberikan pemahaman praktis tentang pertanian kepada siswa, tetapi juga menginspirasi mereka untuk mempertimbangkan karir di bidang pertanian atau ilmu terkait lainnya. Diharapkan kunjungan ini akan menjadi titik awal bagi siswa untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang pertanian dan kontribusi mereka dalam mengembangkan sektor pertanian di masa depan.


Salah Satu Guru Pendamping SD Dian Harapan Makassar Widuri Rumjati menyatakan, "Kami bangga melihat semangat dan antusiasme siswa kami dalam mengikuti field trip ini. Kami berharap pengalaman ini akan menjadi titik awal bagi mereka untuk memahami dan menghargai pentingnya pertanian dalam kehidupan kita."


(Red/*)