Kerja Keras Akhirnya Berbuah Manis, Pemkab Soppeng Kembali Raih Piala Adipura -->


 

Translate


Kerja Keras Akhirnya Berbuah Manis, Pemkab Soppeng Kembali Raih Piala Adipura

CELEBESINDO
Selasa, 05 Maret 2024

Soppeng, Celebesindo.com – Pemerintah Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan meraih prestasi gemilang dengan kembali memenangkan Piala Adipura untuk tahun 2023. Piala Adipura tersebut diterima dalam kategori Kota Kecil dan atau Kota Sedang, diterima langsung oleh Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP. Acara penerimaan berlangsung di gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK pada Selasa, 5 Maret 2024.


Penyerahan piala Adipura ini menjadi momen bersejarah dengan kehadiran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Ibu Siti Nurbaya, serta dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin. Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan bahwa sebanyak 106 kabupaten/kota menerima Piala Adipura dan 51 kabupaten/kota mendapatkan sertifikat Adipura, menunjukkan peningkatan signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin memberikan arahan penting terkait kebijakan dan strategi penanganan sampah nasional (Jakstranas) tahun 2050 yang menargetkan nol sampah dan nol emisi. Beliau juga menekankan komitmen pemerintah daerah untuk mengurangi sampah sebesar 30% dan mengolahnya sebesar 70%, dengan fokus pada edukasi dan perubahan paradigma dalam penanganan sampah.

Pada acara tersebut, Kabupaten Soppeng menerima Adipura Kencana setelah sebelumnya meraihnya pada tahun 2019. Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP, menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang baik serta kebijakan strategis dalam penanganan sampah, seperti pengaturan blok, penutupan harian, pengelolaan sampah di TPA, dan kegiatan bank sampah.

Selain itu, kebanggaan atas prestasi ini juga disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Soppeng, Ariyadin Arif, yang merasa bersyukur atas dukungan dan kerja sama semua pihak dalam mengelola sampah, baik di tingkat rumah tangga maupun lingkungan masyarakat.

Prestasi ini menegaskan komitmen Kabupaten Soppeng dalam menjaga lingkungan dan memberikan manfaat ekonomi dari pengelolaan sampah yang berbasis pada prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Kabupaten Soppeng memperlihatkan bahwa dengan kerja keras dan strategi yang tepat, pencapaian luar biasa dalam pengelolaan sampah dapat tercapai.