Pembersihan Sampah Sekitar Pasar Tradisional Batu-Batu Jadi Sasaran Koramil 1423-02/Marioriawa Bersama Warga Dalam Karya Bakti -->


 

Translate


Pembersihan Sampah Sekitar Pasar Tradisional Batu-Batu Jadi Sasaran Koramil 1423-02/Marioriawa Bersama Warga Dalam Karya Bakti

CELEBESINDO
Sabtu, 17 Februari 2024


Soppeng, Celebesindo.com, Personil Koramil 1423-02/Marioriawa Kodim 1423/Soppeng Korem 141/Toddopuli Kodam XIV/Hasanuddin bersama dengan masyarakat melaksanakan kegiatan Karya Bakti dengan melakukan pembersihan selokan di seputaran Pasar sentral Batu-Batu Kelurahan Manorang Salo Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Minggu (18/02/2024). 


Nampak antusiasme masyarakat dalam kegiatan Karya Bakti yang memfokuskan pada sasaran Pembersihan selokan disekitaran pasar sentral Batu-Batu.


Kokompakan warga dan jajaran TNI AD terlihat sepanjag 150 meter dengan melibatkan stakeholder pemerintah  kelurahan Manorangsalo beserta staf, Babhinkamtibmas dari kepolisian sektor Marioriawa.


Mewakili Dandim 1423/Soppeng, Letkol Inf Sigit Suhendro Hadi Kusmawan, S.T., M. Tr (Han), Ws. Danramil 02/Marioriawa Serka Jaliluddin dalam kesempatan itu mengatakan bahwa, kegiatan Karya Bakti ini merupakan perintah bapak Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) melalui Panglima Kodam (Pangdam) XIV/HSN Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S. Ip sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan kepada lingkungan yang bersih utamanya disekitar tempat tinggal maupun sekitar lingkungan perekonomian masyarakat.


Yang tidak kalah pentingnya kata ws Koramil Marioriawa bahwa kegiatan ini dilaksanakan juga agar pada saat curah hujan tinggi tidak berakibat adanya penyumbatan pada selokan air.


Karena menurutnya, jika terjadi penyumbatan pada saluran air hal itu dapat mengakibatkan banjir, tandasnya.


Selain itu, lanjut Serka Jaliluddin, "penyebab timbulnya penyakit yang disebabkan oleh sampah dan atau adanya genangan air akibat sampah yang bertumpuk juga menjadi sasaran dalam kegiatan ini.


"Baik sampah organik maupun non organik untuk mengantisipasi munculnya jentik jentik nyamuk pada genangan air yang dapat menimbulkan wabah penyakit seperti Demam Berdarah Dengue (DBD). Ujarnya.


Dikatakannya, "Semoga dengan adanya kegiatan Karya Bakti ini, lingkungan kita menjadi bersih khususnya sekitar pasar sentral Batu - batu, karena diketahui pasar adalah sebagai tempat berkumpulnya orang banyak antara pedangan dan pembeli dalam melakukan transaksi ekonomi warga masyarakat.


"Semoga kita semua diberi kesehatan dan terhindar dari semua musibah dan penyakit, pungkas Serka Jaliluddin.


(Red/YM)