Kepala SPF SDN 3 Lemba Beberkan Tujuan Pembelajaran Diluar Sekolah -->


 

Translate


Kepala SPF SDN 3 Lemba Beberkan Tujuan Pembelajaran Diluar Sekolah

CELEBESINDO
Selasa, 20 Februari 2024


Soppeng, Celebesindo.com, SDN.3 Lemba terus berupaya dalam peningkatan mutu pembelajaran dengan cara menyenangkan kedua pihak yakni Guru dan Murid. 


Belajar tidak hanya terbatas pada dinding kelas, tetapi juga dapat dilakukan di berbagai tempat di luar ruangan atau sekolah.

Hari ini Selasa, 20 Februari 2024 lagi lagi Guru dan Peserta didik SDN.3 khususnya kelas 5A dan 5B menggelar Pembelajaran di luar kelas (outdoor study) yang dilangsungkan di Museum Villa Yuliana (Bola CacaE) yang didampingi kedua guru kelasnya yakni Sarliani, S.Pd dan Haslinda, S.Pd.


Kepala UPT SPF SDN.3 Lemba Kabupaten Soppeng Falmunadi, S.Pd saat di tanya terkait apa kelebihan metode pembelajaran di luar sekolah? 

Kepsek Fulmuladi menjelaskan bahwa pembelajaran di luar sekolah adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas/sekolah seperti taman, perkampungan, kebun, lembaga/instansi, dan lain-lain dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat, ujarnya. 

Lebih lanjut dikatakan bahwa, Metode pembelajaran di luar kelas merupakan upaya  mengajak peserta didik untuk lebih dekat dengan sumber belajar yang sesungguhnya, yaitu alam dan masyarakat. 

"Disana Siswa diarahkan untuk melakukan aktivitas yang bisa membawa mereka pada perubahan perilaku terhadap lingkungan sekitar. 

"Olehnya itu saya memberi kesempatan atau kebebasan kepada teman-teman guru untuk terus dapat berkreasi dalam hal penyajian materi dan menyenangkan kepada peserta didik, dan Alhamdulillah ini sudah lama kami jalankan, terang Falmunadi mengakui. 

Dikatakannya, "Atas dasar itulah, Wali kelas 5A dan 5B Haslinda, S.Pd dan Sarliani, S.Pd melaksanakan pembelajaran IPAS dan Bahasa Indonesia dengan metode Outdoor Study pada hari ini, tutur Kepala Sekolah SDN 3 Lemba. 

Menurut Fulmuladi, "Metode pembelajaran ini dianggap mampu mengakrabkan siswa dengan lingkungan sekitarnya. 

Selain itu, "Belajar di luar ruangan kelas juga merupakan salah satu upaya yang diberikan kepada siswa agar pembelajaran terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar hanya dilakukan dalam kelas, tandasnya. 

Nadiva Arimbi, salah satu siswa kelas 5A mengungkapkan keseruan belajar di luar kelas. 

Menurutnya, belajar di luar kelas sangat menyenangkan dan bisa menghilangkan rasa bosan.

“Belajar di luar kelas bisa menghilangkan rasa bosan. 

"Selain itu, materi yang dipelajari sangat sesuai dengan metode belajar di luar kelas karena kita dituntut menulis tentang fakta-fakta, data atau argumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan idebpertanyaan dan penulisan”. ungkapnya.

Aktivitas ini akan memunculkan proses komunikasi, pemecahan masalah, kreativitas, pengambilan keputusan, toleransi, dan menghargai perbedaan. 

Pembelajaran di luar kelas juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk menerapkan prinsip-prinsip agama mereka dalam kehidupan sehari-hari. 

"Ini bisa melibatkan tindakan kepedulian kepada sesama manusia dengan alam sekitar. 

"Siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai agama dan bagaimana menerapkannya dalam konteks nyata.