Pemkab Soppeng Gelar Rakor Pengendalian Inflasi Daerah dan Pertumbuhan Ekonomi -->


 

Translate


Pemkab Soppeng Gelar Rakor Pengendalian Inflasi Daerah dan Pertumbuhan Ekonomi

CELEBESINDO
Rabu, 17 Januari 2024


Soppeng, Celebesindo.com, Pemerintah Kabupaten Soppeng melaksanakan acara Rapat Koordinasi tentang Pengendalian Inflasi Daerah dan Pertumbuhan Ekonomi Kab. Soppeng, yang dilangsungkan di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng. Rabu, 17 Januari 2024.


Kepala Badan Pusat Statistik Kab. Soppeng, Muhlis, S.E, M.Si. menjelaskan terkait hasil survei pertumbuhan ekonomi yang awalnya pengumpulan dan perhitungan datanya dilakukan secara tahunan mulai awal Januari, tapi sekarang ada kebijakan BPS mulai Tahun 2023 kita sudah menghitung secara per triwulan, yang mana sumber datanya dari seluruh SKPD yang ada di kab. Soppeng termasuk BUMN/BUMD dan Swasta.


Dan untuk data perhitungan PDB (Produk Domestik Bruto) tahun 2023 akan dirilis pada Awal Februari. Oleh karena itu, rapat hari ini untuk mendapatkan informasi atau data dari semua SKPD yang hadir ditempat ini, kalau masih ada data yang dapat diperoleh untuk membantu pengumpulan PDB Kab. Soppeng. Karena kami sangat membutuhkan data sektoral yang merupakan data nyata dilapangan karena ini akan menggambarkan potensi Kab. Soppeng. Dan selain data Sektoral kami juga menggunakan dara survey. Oleh karena itu, mari kita bekerjasama untuk membangun Kab. Soppeng karena kita menyusun PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) yang lebih berkualitas.


Sementara itu, Wakil Bupati Soppeng. Ir. H. Lutfi Halide, MP pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa dalam hal pertumbuhan ekonomi hal yang tak kalah berperan penting yaitu aspek distribusi dengan membuat matriks keterkaitan semua SKPD, karena data pertriwulan ini sangat bagus untuk membuat suatu kebijakan. Jadi diharapkan agar semua SKPD mengumpulkan semua data-data yang diperlukan di BPS paling lambat tanggal 25 Januari 2024.


Melalui rapat ini, mari kita juga berdiskusi komoditi apa yang bisa kita kembangkan di Kab. Soppeng, jadi wajib untuk para Kepala SKPD menyampaikan masukannya kepada pimpinan. Dan minggu ini juga, saya ingin melihat RKA setiap unit kerja apakah relavan dengan Visi dan Misi Kab. Soppeng serta bagaimana anggaran yang ditujukan untuk unit kerja mempunyai data sektoral sesuai dengan kewenangan dan tugasnya. Sehingga saya ingin semua SKPD melakukan ekspose untuk melihat sejauh mana pencapaian visi dan misi kita agar data statistik yang telah diperoleh dapat digunakan untuk menentukan kebijakan.


Turut hadir pada kegiatan ini, para Staf Ahli, para Asisten Setda, para Kepala SKPD lingkup pemerintah daerah Kab.Soppeng, para Kabag Setda, para Camat se Kabupaten Soppeng.


Published : YM

Sumber : Humas Pemkab