Sekda Andi Tenri Sessu : Soppeng Peringkat 3 Pertumbuhan Ekonomi Kalah dari Bantaeng dan Maros, Ini Alasannya -->


 

Translate


Sekda Andi Tenri Sessu : Soppeng Peringkat 3 Pertumbuhan Ekonomi Kalah dari Bantaeng dan Maros, Ini Alasannya

CELEBESINDO
Jumat, 15 Desember 2023


Soppeng, Celebesindo.com, Bappelitbangda Kabupaten Soppeng menggelar acara Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Soppeng Tahun 2025-2045, yang dilangsungkan di Aula Kantor Kecamatan Lalabata. Jumat, 15 Desember 2023.


Kepala Bappelitbangda Kabupaten Soppeng Andi Agus Nongki, S. IP., M. Si dalam laporannya mengatakan bahwa agenda kegiatan pelaksanaan konsultasi publik ini dilaksanakan pada rancangan awal RPJPD sebelum masuk ke dalam tahapan penyusunan rancangan RPJPD Kabupaten Soppeng tahun 2025-2045, jelasnya.


"Melalui kegiatan ini, kata Andi Agus Nongki, "Diharapkan kepada para pemangku kepentingan untuk memberikan masukan dan saran dalam rancangan awal RPJPD, yang mana masukan tersebut kemudian akan dirumuskan dalam berita acara kesepakatan dan dijadikan sebagai bahan perbaikan dan atau penyempurnaan rancangan awal RPJPD tahun 2025-2045, terangnya.


Peserta kegiatan ini diikuti seluruh lapisan masyarakat baik Unsur pemerintah daerah, instansi vertikal, para kepala SKPD, para Camat, para kepala desa/Lurah se kabupaten Soppeng, para organisasi masyarakat, organisasi profesi dan unsur pers.


Mewakili Bupati Soppeng, Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng, Drs. H. Andi Tenri Sessu, M. Si membuka secara resmi kegiatan  Konsultasi Publik, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Forum konsultasi publik yang kita laksanakan pada hari ini merupakan amanah dari Kemendagri nomor 86 tahun 2017, khususnya pasal 22 menyebutkan bahwa rancangan awal RPJPD yang dibahas bersama para pemangku kepentingan melalui forum konsultasi publik yang bertujuan untuk memperoleh masukan dalam penyusunan rancangan awal RPJPD yang sementara kita susun secara bersama-sama.


Selain itu, "Forum ini juga merupakan tahapan penting karena rancangan awal RPJPD Kabupaten Soppeng tahun 2025-2045 akan menjadi dasar bagi calon Bupati dan Wakil Bupati Soppeng untuk merumuskan visi dan misinya pada pemilu yang akan datang.


"Oleh karena itu pada kesempatan ini saya menyampaikan beberapa isu strategis tahun 2025 2024 antara lain berkaitan dengan belum optimalnya produktivitas dan pendapatan masyarakat, isu kemiskinan, produktivitas pertanian, kualitas pelayanan publik dan yang lebih penting adalah daya saing daerah.


Isu-isu strategis ini akan menjadi pemikiran kita semua dalam merancang atau merumuskan RPJPD dengan tetap memperhatikan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Provinsi Sulawesi Selatan, sebut Sekda Andi Tenri Sessu.


Menurutnya, "Berdasarkan beberapa data historis baik sekunder maupun primer yang telah dilakukan oleh tim sehingga dimunculkan Visi Kabupaten Soppeng pada rancangan awal RPJPD tahun 2025-2045 yaitu “Soppeng maju, berdaya saing dan berkelanjutan”.


"Visi ini menurunkan 5 Misi yang berkaitan dengan transformasi sosial, transformasi ekonomi, tata kelola, daya saing daerah serta kesejahteraan sosial budaya dan ekonomi.


"Oleh karena itu diharapkan kepada para pemangku kepentingan agar berperan aktif memberikan saran dan pendapat dalam rangka penyempurnaan rancangan awal ini.


"Karena RPJPD ini akan menjadi dasar bagi kita semua dalam melaksanakan aktivitas, baik aktivitas kita secara pribadi maupun aktivitas kita sebagai organisasi, tandas Sekda HA Tenri Sessu.


Sekda kabupaten Soppeng HA Tenri Sessu dikesempatan itu juga menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi kabupaten Soppeng menempati urutan ketiga di Sulsel kalah dari Kabupaten Bantaeng dan Maros.


Sekda Andi Tenri Sessu membeberkan alasan, bahwa Bantaeng pertumbuhan ekonominya naik karena adanya pembangunan smelter, sementara Maros karena adanya Pabrik Semen Bosowa dan Bandara, sedangkan Soppeng hanya mengandalkan sumber daya manusia, pungkasnya.


(Red)