Puncak Milad 2 Dekade, LBH Cita Keadilan Rangkaikan Seminar Nasional -->


 

Translate


Puncak Milad 2 Dekade, LBH Cita Keadilan Rangkaikan Seminar Nasional

CELEBESINDO
Jumat, 29 Desember 2023


Soppeng, Celebesindo.com, Perayaan Milad ke-20 Tahun Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cita Keadilan yang dikemas dalam bentuk dialog berupa Seminar Nasional dengan Tema,“Mewujudkan Akses Keadilan melalui Bantuan Hukum sebagai Capaian Program Prioritas Nasional dalam RPJMN 2020-2024”, sukses digelar di Triple 8 The Riverside Resort, Kamis (21/12/2023) lalu.


Kegiatan ini bekerja sama dengan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sul-Sel, peserta di edukasi bagaimana mendapat akses informasi, layanan, masukan maupun keadilan melalui standar bantuan hukum secara gratis.


Diawal kegiatan ditandai pembacaan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, selanjutnya laporan Direktur LBH cita keadilan Abdul Rasyid, SH. CPL, dilanjutkan sambutan Bupati Soppeng yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol kabupaten Soppeng Hadi Wijaya, STTP, M.Si.


Dalam sambutan Bupati menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang sangat tinggi terhadap LBH cita keadilan Soppeng Soppeng yang telah melakukan Seminar Nasional kerjasama dengan kanwil kemenkumham Sulsel, dengan tema akses keadilan dalam bantuan hukum, dimana menurut Bupati, hal tersebut sejalan dengan Perda Bupati No. 1 Tahun 2017 tentang Bantuan Hukum bagi warga miskin, sehingga kegiatan ini sangat relevan dengan program pemerintah pusat dan pemerintah Kabupaten Soppeng.


Lebih lanjut Bupati Soppeng menyampaikan pentingnya kerjasama bantuan hukum terhadap lembaga lainnya yang rentang berhadapan dengan hukum,. antara lain pemerintah Desa dan Dinas yang terkait perlindungan perempuan, anak dan pekerja.


Adapun pemateri dari Tim Badan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM  RI Masan Nurpian, S.H., M.H. dan Edi, S.H yang diterbangkan langsung dari Jakarta, maupun Akademisi dari Unhas Dr. Sakka Pati, S.H., M.H.


Sementara itu pemateri dari Kanwil Kemenkumham Sulsel yakni Haris, SH, MH dan Nasrudin SH, MH.


Direktur LBH Cita Keadilan Abdul Rasyid, S.H., C.P.L mengungkapkan dalam perayaan dua dekade terpanggil untuk melaksanakan dialog mendengar masukan untuk kemasan baru LBH kedepan, ungkapnya ke media, Jum'at (29/12/2023).


“Momentum ini tidak hanya sekadar seremonial belaka tapi diharapkan output dari seminar nasional akan melahirkan rekomendasi- rekomendasi dalam penyempurnaan rule model bantuan hukum sehingga terwujud akses keadilan bagi masyarakat kurang mampu” jelasnya.


Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Kepala Desa Parenring Hasse Tangsi, S.H yang juga mantan pengacara di kabupaten Soppeng.


Menurutnya apresiasi kegiatan yang digagas oleh LBH Cita Keadilan ini karena melibatkan seluruh stakeholder.


“Kegiatan ini memberikan banyak kontribusi dan pemahaman kepada desa tentang kehadiran lembaga bantuan hukum yang bisa membantu masyarakat yang tidak mampu dan rentang,” tandasnya.


Selaku mantan Advokat, beliau juga berharap LBH Cita Keadilan bisa tetap eksis dan bermanfaat bagi masyarakat.


Ia berharap semoga LBH Cita Keadilan tetap eksis memperjuangkan Supremasi Hukum di Indonesia terkhusus di Bumi La Temmamala, sehingga dapat tercipta rasa keadilan bagi masyarakat,” Pungkasnya.


Penulis: Charissa Azha Rasyid/Paralegal LBH Cita Keadilan