Peduli Kesling, Koramil 01/Lalabata Kodim 1423/Soppeng Gelar Karya Bakti Pembersihan Selokan -->


 

Translate


Peduli Kesling, Koramil 01/Lalabata Kodim 1423/Soppeng Gelar Karya Bakti Pembersihan Selokan

CELEBESINDO
Rabu, 20 Desember 2023


Soppeng, Celebesindo.com, Dalam rangka menciptakan kampung yang bersih dan indah dan atau upaya menjaga kesehatan lingkungan (Kesling), Personil Koramil 01/Lalabata Kodim 1423/Soppeng Korem 141/Toddopuli Kodam XIV/Hasanuddin menggelar kegiatan Karya Bakti pembersihan selokan bersama masyarakat yang dilaksanakan disekitar di Jl. H. Andi Made Ali Kelurahan Lapajung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.


Kegiatan Karya Bakti pembersihan selokan tersebut dipimpin langsung oleh Danramil 01/Lalabata Kapten Chk Muhammad Hatta, SH yang dipantau langsung oleh Dandim 1423/Soppeng Letkol Inf Sigit Suhendro Hadi Kusmawan S.T., M. Tr (Han).


Dandim 1423/Soppeng Letkol Inf Sigit Suhendro menyampaikan bahwa Kegiatan karya bakti ini salah satu bentuk program Komando Atas, tak hanya pembersihan aliran sungai saja termasuk pembersihan selokan, pembersihan pasar serta  program penanaman pohon. 


"Tentunya ini salah satu program TNI untuk manunggal bersama Rakyat. Ujarnya.


Dandim 1423/Soppeng menerangkan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini guna menciptakan suasana lingkungan yang bersih serta mengantisipasi dampak banjir pada musim penghujan dan atau mencegah wabah penyakit yang bersumber dari sampah.


Dengan adanya kegiatan karya bakti ini semoga kehadiran TNI, khususnya TNI AD di tengah-tengah masyarakat bisa dapat bermanfaat utamanya bagi kesehatan masyarakat.” ungkapnya.


Sementara itu, Danramil 01/Lalabata Kapten Chl Muhammad Hatta, SH menyampaikan bahwa Karya bakti pembersihan selokan ini merupakan agenda rutin Koramil 01 Lalabata bersama pemerintah dan masyarakat setempat. 


"Bulan Desember ini curah hujan akan tinggi oleh sebab itu kita bergerak melaksanakan gotong royong Karya bakti dengan membersihan  tumpukan sampah pada saluran air dan gorong - gorong untuk mengantisipasi banjir dan atau atau sumber penyakit yang bersumber dari sampah. 


Selain itu kata perwira 3 balok di pundak ini mengatakan bahwa kegiatan karya bakti ini juga merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap lingkungan dan tentunya untuk masyarakat. 


"Setidaknya dengan melakukan tindakan pencegahan sejak dini mampu mengurangi genangan air dan dapat mencegah terjadinya banjir dan penyakit apabila sudah memasuki masa musim penghujan nantinya, terangnya.


Sementara itu, Baharuddin salah satu masyarakat setempat mengatakan sangat senang dengan adanya kegiatan gotong royong pembersihan lingkungan ini.


"Kami berterima kasih kepada bapak bapak TNI Koramil 01/Lalabata ini karna sangat peduli dengan lingkungan kita sehingga menjadi nersih dan mamfaatnya dapat langsung kami rasakan, pungkasnya.