Dinas Kominfo Soppeng Gelar Sosialisasi Layanan Penyampaian Aspirasi dan Pengaduan Secara Online -->


 

Translate


Dinas Kominfo Soppeng Gelar Sosialisasi Layanan Penyampaian Aspirasi dan Pengaduan Secara Online

CELEBESINDO
Rabu, 06 Desember 2023

Soppeng, Celebesindo com, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Soppeng menggelar acara Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) & Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) se Kabupaten Soppeng, yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Lalabata. Rabu, (06/12/2024).


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Soppeng, Drs. Kanaruddin, M. Si dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi ini mengatakan bahwa," SP4N – LAPOR ini merupakan aplikasi layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat secara online yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara pelayanan publik, karena aplikasi ini berbasis teknologi maka akan mudah dipantau serta kita dapat berinteraksi antar lembaga di berbagai jenjang, ucapnya.


"Selian itu, SP4N – LAPOR ini merupakan salah satu penilaian reformasi birokrasi, yang artinya hal ini wajib kita laksanakan, minimal sosialisasi dan bimbingan teknis tentang SP4N – LAPOR, jelasnya.


"Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan ini akan disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat bahwa jika ingin melakukan pengaduan tidak perlu datang ke kantor, cukup download aplikasi sehingga dapat melakukan pengaduan dimana dan kapan saja.


Adapun peserta Sosialisasi ini yaitu para Admin/Staf yang menangani SP4N LAPOR dari OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng.


Sementara itu, Sarmini Sallu, S. Si, Pranata Humas Ahli Muda Dinas Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan dalam arahannya menuturkan bahwa," Awalnya dirinya berfikir bahwa dengan banyaknya aduan masyarakat untuk pemerintah maka pemerintah akan dianggap tidak melakukan apa-apa, tapi hal itu keliru karena aduan yang ada akan dijadikan ukuran dalam penggunaan aplikasi SP4N – LAPOR ini, tandasnya.


"Karena ini merupakan program nasional yang diintegrasikan di seluruh Kab/Kota tentang betapa pentingnya aplikasi LAPOR ini, tambahnya.


"Oleh karena itu, saya berharap agar pertemuan hari ini tidak hanya menjadi pertemuan seremonial saja tapi apa yang didapatkan hari ini dapat diterapkan di tempat bapak/ibu masing-masing, imbuh Sarmini.


"Saya juga berharap agar semua peserta yang ada disini, agar mendownload aplikasi ini di HPnya masing-masing. Karena yang harus kita pahami bersama bahwa dalam SP4N – LAPOR ini bukan hanya pengaduan yang ingin disampaikan tapi juga aspirasi dan keberhasilan pemerintah maupun keberhasilan yang dilakukan masing-masing Instansi.


"Selain aplikasi dapat juga diakses di Website www.Lapor.go.id selain itu juga dapat melalui aduan SMS ke nomor (1708), pungkasnya.


Published: YM