Syukuran dan Pesta Panen di Desa Margalembo Diwarnai Lomba Domino dan Panjat Pinang -->


 

Translate


Syukuran dan Pesta Panen di Desa Margalembo Diwarnai Lomba Domino dan Panjat Pinang

CELEBESINDO
Minggu, 17 Desember 2023


Lutim, Celebesindo.com, Bupati Lutim H Budiman Hakim menghadiri acara syukuran dan Pesta Panen di Desa Margalembo Kecamatan Mangkutana.


Kegiatan ini sebagai bentuk ungkapan rasa syukur para petani atas hasil panen yang melimpah.


Kegiatan pesta panen ini megangkat tema "Bersih Desa" yang di laksanakan di aula kantor Desa Margolembo Kecamatan Mangkutana, Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu 16 Desember 2023.


Kegiatan yang di hadiri oleh Bupati Luwu Timur Budiman Hakim ini sudah menjadi tradisi warga masyarakat Desa Margolembo pasca panen dalam setiap musim tanam.


Hal itu sebagai perwujudan rasa syukur petani karena selamat dalam kegiatan pertanian dan berhasil meningkatkan produksi gabah.


Abd.Najib kepala desa Margalembo  dalam sambutannya mengatakan, "Alhamdulillah Syukuran dan pesta panen yang kita beri nama BERSIH DESA yang kita lakukan saat ini adalah sebagai bentuk perwujudan rasa syukur kita, yang telah selamat dalam aktivitas pertanian serta mendapatkan peningkatan hasil gabah di musim ini, ungkap Najib.


Najib juga menyampaikan bahwa, " Insyallah Petani di Margolembo siap menjalankan dan mensukseskan program pemerintah IP 250 dan siap panen lima kali dalam dua tahun, ucapnya kepada bupati Budiman.


"Namun Petani juga meminta untuk mensukseskan program tersebut supaya di perhatikan infrastruktur pertanian, alsintan dan pupuk serta kestabilan harga gabah di tingkat petani, imbuhnya di hadapan Bupati Luwu Timur.


"Terlepas dari itu kami sebagai Pemerintah Desa mewakili masyarakat Desa Margolembo menyampaikan rasa syukur sekaligus berterima kasih kepada Pemerintah Daerah atas pengalokasian anggaran APBD di Margolembo yang telah memenuhi kebutuhan warga terutama infrastruktur pertanian, terang Najib.



Di tempat yang sama, Bupati Luwu Timur Budiman Hakim dalam sambutannya, mengapresiasi atas panen padi warga desa Margalembo sebagai bagian dari kontribusi nyata para petani dalam peningkatan produksi dan produktivitas padi di Kabupaten Luwu Timur.


Bupati Lutim dikesempatan itu juga menyampaikan pesan dan permintaan agar kiranya dapat menjaga dan merawat aset-aset, baik itu aset Desa maupun aset Pemda yang sudah dibangun.


"Hal itu agar penggunaannya dapat digunakan dalam jangka panjang.


Tidak hanya itu, Bupati Lutim H Budiman menghimbau agar tetap menjalankan program unggulan kabupaten Luwu Timur yakni program "Peduliki Saya Jagaki, pungkasnya.


Sekadar diketahui serangakaian kegiatan BERSIH DESA yakni pada saat siang dilaksanakan Pembukaan, Tahlilan dan Doa, kemudian di sore hari digelar lomba nyanyi, panjat pinang dan malam harinya dilakukan lomba domino.


Published : ISK