3 Perhelatan Menjadi Tujuan Porseni Gugus 3 Dinas Pendidikan Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng -->


 

Translate


3 Perhelatan Menjadi Tujuan Porseni Gugus 3 Dinas Pendidikan Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng

CELEBESINDO
Selasa, 19 Desember 2023


Soppeng, Celebesindo.com, Setidaknya ada 3 kompetisi menjadi tujuan ajang Porseni Gugus 3 Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng yang terdiri dari 14 Sekolah SD di wilayah Kecamatan Lalabata usai pelaksanaan Penilaian Akhir Semester 1 Tahun Ajaran 2023-2024.


Kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) diselenggarakan selama tiga hari, mulai Senin tanggal 18 hingga rabu 20 Desember 2023 yang dilangsungkan di tiga tempat dan atau lokasi yang berbeda yakni di SDN 3 Lemba, SDN 25 Madello, SDN 27 Bulu Dua, SDN 166 Laburawung, Gedung Koni, dan Kawasan Wisata Alam (Kolam Renang Ompo).


Pelaksanaan 3 hari tersebut yakni pada hari Senin tanggal 18 Desember 2023 dilaksanakan Pra KSN, hari Selasa dilaksanakan Pra FLS2N dan hari Rabu dilaksanakan kegiatan Pra O2SN


Jenis kompetisi yang dilombakan diantaranya Pra KSN Matematika dan IPA, Pra Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) meliputi Gambar bercerita, Seni Tari, Kriya Anyam, Menyanyi Tunggal (Solo), dan Pantomim. Pra Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) meliputi Bulu tangkis, Renang, Atletik, Senam lantai, Karate, dan Pencak Silat.



Pembukaan kegiatan ini dibuka langsung oleh pengawas Gugus 3 Hasanuddin, S.Pd.,M.Pd yang dihadiri seluruh Kepala Sekolah, Pendamping/Pembina, dan para peserta lomba di semua cabang di SDN 3 Lemba yang diawali dengan lomba Pra Kompetisi Sains Nasional (KSN) Matematika dan IPA dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).


Kegiatan ini merupakan agenda tahunan setiap usai menjalani Penilaian Akhir Sekolah semesteran. 


Pelaksanaan Porseni ini juga merupakan seleksi untuk merekrut bakat peserta didik menjelang perhelatan seleksi KSN, FLS2N, dan O2SN pertingkatan mulai Gugus, Kecamatan, Kabupaten, dan Nasional.


Ketua panitia kegiatan Porseni Gugus 3 Kabupaten Soppeng H. Zainuddin, S.Pd mengatakan bahwa, "Melalui porseni tingkat Gugus 3 ini banyak hal yang dapat diperoleh, selain memberi keleluasaan bagi para siswa dalam pengembangan diri, juga dapat mencari bakat anak yang terpendam, baik dibidang olahraga maupun seni, ungkapnya, Selasa (19/12/2023). 


"Kami juga mengharapkan ada peningkatan untuk prestasi-prestasi siswa baik di Akademik maupun Non Akademik” ucap H. Zainuddin.


Sementara itu, Pengawas Gugus 3 Hasanuddin, S.Pd.,M.Pd dalam sambutannya pada pembukaan Porseni mengatakan sangat mendukung kegiatan Porseni tersebut, demi untuk melihat dan atau mengetahui potensi para peserta didik yang tentunya dapat menyalurkan minat dan bakatnya khususnya di bidang olahraga dan seni.


"Insya Allah mudah-mudahan kita bisa menambah duta atau perwakilan dari gugus 3 untuk kembali diutus ke tingkat lebih tinggi, seperti tahun sebelumnya ada 2 peserta didik perwakilan gugus 3 yang diutus ke tingkat Provinsi yakni Cabang Olahraga Renang dan Nyanyi Solo, pungkasnya.


Dalam kegiatan ini turut dihadiri Korwil Dinas Pendidikan kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng Drs Jamal, M.Si.

(Red/ARS)