Wabup Soppeng Jadi Pembina Upacara Peringatan HKN ke 59 Tingkat Kabupaten Tahun 2023 -->


 

Translate


Wabup Soppeng Jadi Pembina Upacara Peringatan HKN ke 59 Tingkat Kabupaten Tahun 2023

CELEBESINDO
Selasa, 21 November 2023


Soppeng, Celebesindo.com, Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng melaksanakan Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 dengan tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”, yang dilangsungkan di Halaman Kantor Bupati Soppeng. Senin, 12 November 2023.


Acara diawali dengan penyerahan hadiah dan piagam penghargaan penilaian Pustu dan Poskesdes terbaik dan penghargaan tenaga kesehatan teladan tingkat Kab.Soppeng dalam rangka Peringatan Nasional ke-59 tingkat Kabupaten Kabupaten Soppeng Tahun 2023 oleh Bupati Soppeng turut mendampingi Wakil Bupati Soppeng dan Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten Soppeng.



Bertindak selaku Pembina Upacara, Wakil Bupati Soppeng Ir. H. Lutfi Halide, MP dalam sambutannya, Pada Hari Kesehatan Nasional Tahun ini menekankan Transformasi Kesehatan sebagai Kunci bagi Kemajuan Indonesia. Indonesia tengah mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah Negara. Peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari MIDDLE INCOME TRAP, dan mencapai Visi Indonesia Emas 2045.


Pasca disahkannya UU No 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, terdapat 6 (Enam) pilar transformasi Kesehatan yang akan menjadi panduan dalam pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia. Keenam Pilar tersebut adalah Transformasi Layanan Primer (dari focus Mengobati Menjadi Pencegahan), Transformasi Layanan Rujukan (dari Akses layanan Kesehatan yang sulit menjadi lebih mudah), Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan (dari ketergantungan pada industry Kesehatan luar negeri menjadi kemandirian dalam negeri, dan dari sistem kesehatan yang rentan selama wabah menjadi kuat), Transformasi Pembiayaan Kesehatan (dari pembiayaan yng tidak efisien menjadi Transparan dan efektif).


Transformasi SDM Kesehatan (dari kekurangan tenaga kesehatan menjadi cukup dan merata), Transformasi Teknologi Kesehatan (dari sistem Informasi yang terfragmentasi menjadi terintegrasi dan dari teknologi kesehatan yang tertinggal menjadi terdepan).


Olehnya masyarakat perlu pendampingan dan bimbingan kita sebagai tenaga kesehatan untuk mencapai Keenam pilar tersebut karena transformasi kesehatan tidak dapat diwujudkan tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan, Oleh karena itu, saya meminta kepada seluruh Organisasi profesi kesehatan untuk tetap bersatu dan bekerjasama dalam peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat.


Nilai-nilai dasar bagi seorang ASN wajib kita untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, lincah dan professional. Harapan saya seluruh pegawai dan pejabat dapat bekerja dengan kompeten, jujur, selaras dalam mengawal dan menyukseskan transformasi kegiatan kesehatan dengan melayani masyarakat dengan sepenuh Hati.


Turut hadir pada kegiatan ini, Bupati Soppeng perwakilan Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, para Kepala SKPD, para Camat se Kab. Soppeng, para Kepala Puskesmas se Kab. Soppeng, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kab. Soppeng, Kepala BPJS Kesehatan Kab. Soppeng, para Ketua Organisasi Profesi tenaga kesehatan, para tenaga kesehatan se Kabupaten Soppeng.


Published : Yulisa Muhrin