Wabup Soppeng Bersama Forkompinda Ikuti Rakor Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten -->


 

Translate


Wabup Soppeng Bersama Forkompinda Ikuti Rakor Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten

CELEBESINDO
Selasa, 21 November 2023


Soppeng, Celebesindo.com, Pemerintah Kabupaten Soppeng melaksanakan acara Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Soppeng Tahun 2023, bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng. Senin, 20 November 2023.


Wakil Bupati Soppeng dalam materinya menyampaikan rencana tindak lanjut Intervensi yang dilakukan dengan sasaran Ibu Hamil adalah Memastikan Kepesertaan BPJS.


"Juga memastikan ibu hamil kontak dengan Dokter atau Faskes terdekat pada Trisemester Pertama. 


"Begitupun dengan pemberian Makanan tambahan Rutin pada Ibu Hamil KEK dan memantau secara ketat pertambahan berat badan.


"Screening Penyebab Anemia, status Gizi, Penyakit Menular dan Tidak Menular. 


"PemberianTablet Tambah Darah Secara Rutin, Minimal 3 Bulan dan Kontrol HB setelah pengobatan. Edukasi tentang risiko melahirkan bayi stunting pada ibu hamil KEK dan Anemia


"Edukasi terkait mengatur Jarak kelahiran dan Ber-KB pasca Persalinan, Edukasi dampak rokok terhadap Kesehatan ibu dan anak serta pola konsumsi Ibu Hamil Intervensi yang dilakukan dengan sasaran Baduta / Balita adalah Pemetaan Faktor Resiko Stunting di setiap Desa dan Kelurahan Memastikan Kepesertaan BPJS


"Pelatihan Skrining Faltering Growth sebagai faktor risiko stunting bagi kader dan petugas kesehatan untuk penguatan fungsi POSYANDU. 


Penyediaan PKMK dan Pelatihan pembuatan susu Formula 100 untuk Kader Posyandu dan Tenaga Gizi Puskesmas. Rujukan ke RS untuk pemeriksaan/pelacakan penyakit penyerta atau penyebab stunting (cek darah rutin, foto thorax, tuberkulin, FT4 dan TSH). 


Hal ini dilaksanakan setelah 4 minggu penanganan Puskesmas.


Pendampingan keluarga berisiko oleh Tim Pendampingan Keluarga. 


Pemenuhan dan pemeratan Bantuan tunai bersyarat dan bantuan sosial pangan. Edukasi Gizi seimbang (kualitas MP-ASI diperhatikan) Pelatihan penggunaan Alat Antropometri bagi kader Posyandu. 


Petugas Gizi melakukan demo MP-ASI berkualitas di depan ibu menggunakan makanan berbahan pangan lokal padat energi dan Protein sampai ibu bisa.


Dikesempatan itu juga Wakil Bupati Soppeng menyebut capaian penurunan Stunting setiap Desa Kelurahan.


Ia juga mengapresiasi capaian penurunan Stunting Desa Jampu Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.


Bahkan dirinya menantang para Kades untuk mencapai zero Stunting di wilayahnya.


Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide MP mengatakan, "Tolong Kadis Pemdes nanti di programkan jalan-jalan bagi Desa yang mencapai Zero Stunting, pungkasnya.


Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut Dandim 1423/ Soppeng, Wakapolres Soppeng, Wakil Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Kepala Badan Pusat Statistik Kab. Soppeng, Technical Assistant Satgas Stunting Kab, Soppeng, Para Kepala SKPD Kab. Soppeng, Para Camat, Lurah dan Kepala Desa Se- Kab. Soppeng, Ketua Tim Pengerak PKK Kab. Soppeng, Ketua Bayangkari Kab. Soppeng, Tim Pakar Ahli Anak dan Kandungan, Dokter Ahli Gizi RSUD La Temmamala, Kepala Puskesmas Se-Kab. Soppeng, Para Penyuluh KB se kab.soppeng.


(Red)