Guru SD di Kabupaten Soppeng Diundang Menjadi Narasumber Disalah Satu PULAU TERLUAR INDONESIA -->

Translate

CELEBESINDO
Minggu, 19 November 2023

Soppeng, Celebesindo.com, Eka Gustiani yang merupakan salah satu Ko Kapten belajar id Kab. Soppeng yang jg merupakan guru SDN 161 Karya menceritakan kisah perjalanannya menjadi Narasumber Pemanfaatan Chromebook di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang merupakan salah satu Kepulauan Terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Eka Gustiani menceritakan awal pertemuan dengan salah satu pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Sangihe "kami bertemu Desember 2022 saat saya menjadi Narasumber Bimtek Pemanfaatan TIK oleh Direktorat SD yang dilaksanakan di Makassar."

Berberapa bulan kemudian, saya lumayan kaget juga setelah adanya komunikasi dan ada niat untuk mengundang saya ke Kota Tahuna, ibukota Kab. Kepulauan Sangihe.

Saya kemudian mulai mencari tau letak Kabupaten ini melalui pencarian google, YouTube, Instagram hingga tiktok. Satu yang bisa saya simpulkan Kabupaten ini Kabupaten yang sangat indah di Sulawesi Utara namun merupakan Kabupaten Kepulauan Terluar yang terletak antara Pulau Sulawesi dan Pulau Mindanao Filipina.

Setelah beberapa kali batal karena kesibukan saya akhirnya saya berangkat kesana. Sabtu 11 November 2023 Pukul 8 Malam meninggalkan Soppeng menuju Makassar dan besoknya tanggal 12 November Pukul 07.00 pagi berangkat ke Manado melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, kemudian transit selama hampir 3 jam di Ternate yang kemudian lanjut menuju Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Sesampainya di Manado melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Manado. Pukul 5 sore berangkat dari Pelabuhan Manado, Pukul 11.30 transit di Pelabuhan Siau dan Tiba di Pelabuhan Tahuna-Sangihe pada Pukul 03.30 dini hari (13 November 2023),  Sesampainya disana dijemput oleh pihak hotel dan mengantarkan saya menuju salah satu hotel kebanggaan Masyarakat Kab. Kepulauan Tahuna. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari, yakni 13 s d 17 November 2023 yg dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Selama berada di Sangihe saya merasa sangat nyaman karena panitia, peserta dan masyarakat menyambut saya dengan sangat baik.

Peserta kegiatan berjumlah 34 guru dari sekolah penerima Bantuan Chromebook baik APBN atau DAK. Melalui kegiatan ini saya berbagi tentang bagaimana menggunakan dan memanfatkan Chromebook secara online maupun offline, belajar tentang PMM terutama cara membuat aksi nyata yang bisa lolos validasi

Saya meninggalkan Kota Tahuna pada hari Jumat Tanggal 17 November 2023 Pukul 7 malam dengan Kapal Laut melalui Pelabuhan Tahuna, lalu transit di Pelabuhan Siau pada pukul 11.30 dan tiba keesokan harinya di Pelabuhan Manado, tgl 18 November 2023 Pukul 09.00 pagi. Selanjutnya menuju Bandara Sam Ratulangi untuk Kembali  ke Makassar dan Soppeng.