Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini, Murid SDN 3 Lemba Gelar Bazar Jajakan Kuliner Pada Guru dan Siswa -->


 

Translate


Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini, Murid SDN 3 Lemba Gelar Bazar Jajakan Kuliner Pada Guru dan Siswa

CELEBESINDO
Selasa, 14 November 2023


Soppeng, Celebesindo.com, Dalam rangka menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini kepada siswa siswi, UPTD SPF SDN 3 Lemba menggelar Bazar yang dilangsungkan dihalaman sekolah, Selasa (14/11/2023).


Kegiatan ini juga sebagai bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang didalamnya terdapat unsur Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5) sebagai bentuk untuk menumbuhkan kemandirian kewirausahaan sejak dini khususnya di Kelas 5.


Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik khususnya kelas 5A dan 5B dengan mengusung tema "Menumbuhkan Kemandirian Kewirausahaan Sejak Dini".


Kepala SDN 3 Lemba, Falmunadi, S.Pd dalam sambutannya pada pembukaan pagelaran bazar kewirausahaan mengatakan bahwa kami dari pihak sekolah khususnya guru dan peserta didik jenjang kelas 5 dengan kegiatan yang dilakukan ini tentu merupakan peng-Implementasian Kurikulum Merdeka berunsur P5, “Anak-anak memang harus dilatih dan dikenalkan wirausaha sejak dini, sehingga diharapkan ketika besar nanti akan menjadi pengusaha yang sukses dimasa yang akan datang", paparnya.


Ditegaskan lagi, Semoga kegiatan ini bisa menjadi awal lahirnya wirausaha muda yang kelak akan menciptakan lapangan kerja, dalam kegiatan Bazar tersebut banyak produk yang dijual siswa. Mulai dari aneka makanan tradisional maupun modern, kue basah, dan kue kering, bahkan ada makanan yang berbahan baku sayur mayur dan rujak buah.


''Para siswa dan guru sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Bahkan waktu sebentar saja produk yang mereka tawarkan di stan masing-masing kelas habis terjual,’’ Tutur Falmunadi.


Sementara itu ditemui kedua guru kelas 5A dan 5B Haslinda, S.Pd dan Deni Astika, S.Pd sepakat kalau tujuan dari kegiatan tersebut untuk memperkenalkan produk hasil karya siswa bersama orang tua di rumah kepada para guru dan siswa lainnya. Selain itu, juga dapat mengasah jiwa wirausaha sejak dini serta mengajarkan sikap jujur, kreatif, kerja sama, tanggung jawab, dan pantang menyerah serta keberanian berkomunikasi dengan orang lain.


Terdapat 15 stand yang diikuti oleh 50an siswa siswi kelas 5 menjajakan bermacam-macam jajanan, makanan maupun minuman dimana para siswa menawarkan berbagai produk bazarnya kepada para guru, teman, serta sebagian wali murid yang menghadiri kegiatan tersebut.


Sementara itu, salah satu siswi kelas 5B, Arya mengaku sangat senang sekali ketika ada kegiatan bazar seperti ini ada yang bisa dipetik pembelajarannya, yakni pelajaran matematika dengan menghitung uang, serta pelajaran pendidikan Pancasila yaitu hidup rukun, saling bekerja sama, dan saling bantu”, pungkasnya.


(Red/ARS)