Hadiri Acara Penghargaan Pelayanan Publik 2023, Bupati Soppeng Terima Piala Juara Top 45 Sejati Inovasi Sutasoma -->


 

Translate


Hadiri Acara Penghargaan Pelayanan Publik 2023, Bupati Soppeng Terima Piala Juara Top 45 Sejati Inovasi Sutasoma

CELEBESINDO
Selasa, 21 November 2023

 


Jakarta, Celebesindo.com, Pemerintah Kabupaten Soppeng provinsi Sulawesi Selatan menghadiri acara Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2023, yang dilangsungkan di Hotel Bidakara Jakarta Selatan. Selasa / 21 November 2023.

Melalui inovasi SUTASOMA (Sistem Perlindungan Petani Soppeng Maju dan Sejahtera) Pemerintah Kabupaten Soppeng berhasil menempati TOP 45 sejati.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Ir. Fajar mengatakan Untuk pertama kalinya dalam sejarah Kabupaten Soppeng mencatatkan tinta emas dapat tembus dan meraih penghargaan inovasi tertinggi tingkat nasional yaitu TOP 45 Sejati melalui inovasi SUTASOMA (Sistem Perlindungan Petani Soppeng Maju dan Sejahtera).

Dimana sebelumnya melalui tahapan penilaian kompetisi yang cukup alot dan panjang mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

Jumlah inovasi yang masuk di aplikasi KIPP (Kompetisi Pelayanan Publik ) tingkat nasional sebanyak 5.800 inovasi yang berasal dari 33 provinsi, 540 kabupaten/kota serta dari lembaga negara/kementrian se Indonesia. Melalui kompetisi & seleksi yang sangat ketat akhirnya Kabupaten Soppeng lolos menjadi salah satu Finalis TOP 45 Sejati setelah penilaian presentase akhir yang dibawakan Bupati Soppeng Bapak H.A.Kaswadi Razak,SE.

Pada kesempatan tersebut MenPAN RB, Azwar Anas menyerahkan langsung piala kepada Bupati Soppeng yang disaksikan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian).

Dapat diketahui bahwa di Provinsi Sulawesi Selatan hanya 2 Kabupaten yang dapat penghargaan bergengsi ini yaitu Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Pinrang sedangkan Kabupaten lain dan Provinsi Sul-Sel belum masuk nominasi tahun ini.

Untuk rencana reward bagi daerah yang telah menerima penghargaan inovasi TOP 45 Sejati ini akan diusulkan di DJPK Kemenkeu diberikan insentif fiskal (DID) pada anggaran parsial akhir tahun melalui pemberitahuan dari Kemenkeu.