Wabup Soppeng: Pembentukan SDM Berjiwa Technopreneurship dan Berwawasan Global Perlu Dilakukan Dengan Penuh Kesungguhan -->


 

Translate


Wabup Soppeng: Pembentukan SDM Berjiwa Technopreneurship dan Berwawasan Global Perlu Dilakukan Dengan Penuh Kesungguhan

CELEBESINDO
Sabtu, 23 September 2023


Soppeng, Celebesindo.com, Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide MP memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK)  AMIKA tahun 2023.


Wabup Soppeng di awal sambutannya mengatakan,, "Atas nama Pemerintah Kabupaten Soppeng dan atas nama pribadi, dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kontribusi STMIK AMIKA Soppeng pada Pembangunan di Kabupaten Soppeng, khususnya pembangunan sumber daya manusia.


"Tentunya kontribusi ini akan terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang.


"Oleh karena itu, sangat tepat pada Kuliah Umum kali ini mengusung Tema ‘GET READY FOR THE NEXT TECHNOPRENEURS’ (MEMPERSIAPKAN GENERASI MUDA SEBAGAI PENGUSAHA BERBASIS TEKNOLOGI) sebagai bentuk kuliah umum untuk menyambut mahasiswa baru, jelas Wabup Soppeng.


"Selamat datang pada seluruh mahasiswa di semester ganjil tahun akademik 2023-2024


"Pemerintah Daerah juga berterimakasih dan memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua Yayasan Nabigh (Prof. Dr. H. Imran Ismail, MS.), Ketua dan Seluruh Dosen serta Sivitas Akademik SIMIK AMIKA SOPPENG atas kolaborasi yang ditunjukkan dalam pengelolaan sekolah tinggi kita ini, kata Wabup.


Kata Wabup, "Perguruan Tinggi kita ini diharapkan dapat melahirkan insan berkualitas dan dapat diandalkan berkompetisi melalui bidang keahlian masing-masing di tengah kompleksitas kehidupan sekarang ini. 


"Para mahasiswa dapat terus belajar dan menggali ilmu pengetahuan dan keahliannya untuk menghadapi era globalisasi.

 

"Alhamdulillah, hari ini, STMIK melakukan Kuliah Umum sebagai awal untuk saling memotivasi secara fundamental untuk menaklukkan bentangan kehidupan dengan penuh tantangan ini.


"Olehnya itu, kami mengajak para mahasiswa dan seluruh hadirin, mari terus mengasah kemampuan dan keahlian khususnya pada bidang Technopreneurs untuk menaklukkan tantangan kehidupan era digitalisasi dengan gejolak ekonomi yang tidak menentu.


"Gejolak ekonomi yang tidak menentu di era globalisasi ini tidak sedikit meluluhlantahkan sendi-sendi kehidupan masyarakat kita.


"Apalagi sekarang ini terjadi pemanasan global, dan kekeringan sudah mulai terasa, membuat kita semua perlu berhati-hati akan terjadinya kebakaran dan bahaya lainnya, yang dapat berdampak pada munculnya peristiwa kriminal, yang boleh jadi melibatkan anak-anak dan remaja di tengah-tengah masyarakat kita.


"Oleh karena itu, keberadaan STMIK AMIKA Soppeng diharapkan dapat mempersiapkan generasi muda yang tidak hanya memiliki kemampuan Enterpreneurships (kewirausahaan), akan tetapi juga memiliki kemampuan yang berbasis Technopreneurs, tandas Wabup Lutfi Halide.


Menurutnya, "Generasi muda ke depan perlu memiliki kemampuan kewirausahaan yang berbasis teknologi, Imbuhnya.


"Seorang Pengusaha sudah saatnya memanfaatkan teknologi tinggi dalam menjalankan usahanya, termasuk produk-produknya dapat dipromosikan dan dipasarkan dengan memanfaatkan teknologi tinggi.


"Tidak pernah dibayangkan kalau seseorang sekarang ini dapat berbelanja hanya dari rumah. Toko-toko berbasis daring (online shop) telah hadir dengan berbagai vitur dan kemasan jualan bervariasi, dari kebutuhan dasar sampai dengan kebutuhan istimewa semua telah tersedia di toko-toko online.


"Malah akhir-akhir ini, mall sudah mulai merasakan dampak dari kehadiran toko-toko online ini.


"Penjual di Mall telah mengalami penurunan omset jualannya. Sebagai contoh yang ril adalah Pasar Tanah Abang Jakarta, penjual- penjual mengeluh atas menurunnya penghasilan mereka sebagai akibat dari semakin maraknya toko-toko online.


"Olehnya itu, sekali lagi terima kasih kepada STMIK AMIKA Soppeng yang tentu akan membekali para mahasiswanya dengan kemampuan sebagai Technopreneurs di masa depan, jelasnya.


"Tentu  pemerintah daerah memastikan untuk terus mendukung dan siap berkolaborasi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berjiwa Technopreneurship dan berwawasan global sebagai jawaban dari tantangan global yang kita hadapi sekarang ini.


"Pembentukan SDM yang berjiwa Technopreneurship dan berwawasan global perlu dilakukan dengan penuh kesungguhan.


"Kesungguhan dengan sikap rendah hati itulah sebagai fundamental terhadap solusi dari semua tantangan hidup di era digitalisasi ini.


"Kerendahan hati yang disertai kesungguhan itu, hari ini, STMIK AMIKA Soppeng dapat melangsungkan KULIAH UMUM dengan memperkenalkan apa itu Technopreneurship.


"Teknologi digitalisasi terus maju dan berkembang pesat menuntut kita semua untuk senantiasa peka terhadap beragam kemampuan dan keahlian yang sangat dibutuhkan dalam bekerja maupun berkarya.


"Hal itulah merupakan salah satu keunggulan yang saat ini dibutuhkan di dunia kerja maupun dunia usaha.


"Kemampuan Technopreneurship sudah sangat diperlukan agar dapat lebih dinamis dalam bekerja, dan memanfaatkan peluang untuk terjun ke dunia kerja online.


"Dan dapat berpartisipasi dalam membangkitkan optimisasi dan dinamisasi baru di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital di semua sektor.


"Pada akhirnya, atas nama Pemerintah dan Pribadi mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru.


"Selamat bergabung di Kampus yang menyiapkan generasi muda yang berjiwa Technopreneurship, dan  selamat memasuki tahun akademik 2023-2024 bagi seluruh mahasiswa.


"Pemerintah daerah menaruh harapan kepada kita semuanya untuk berkolaborasi demi kemajuan sumber daya manusia kita.


"Khusus kepada Ketua Yayasan, Ketua dan seluruh Dosen, Pemerintah Daerah menaruh hadapan dan sangat mendukung serta mendorong lahirnya generasi-generasi Technopreneurs yang unggul untuk mendorong pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Soppeng.


"Bantulah mahasiswa kita, kalau ada beasiswa baik dari DIKTI maupun dari Perusahaan, perjuangkan mereka untuk mendapatkannya.


"Mahasiswa di kampus kita ini adalah anak-anak kita, ucap Wabup Soppeng.


"Layanilah mahasiswa kita dengan sebaik-baiknya sampai selesai, bahkan sampai mereka mendapatkan pekerjaan, harap Wabup.


 
Terakhir Wabup Soppeng menyampaikan, selamat untuk para mahasiswa dan mahasiswi baru, semoga Allah SWT selalu memberikan petunjuk dan kekuatan kepada kita semua, pungkas Wabup Soppeng.


Acara di lanjutkan dengan pemasangan Jas Almamater kepada perwakilan mahasiswa  dan mahasiswi baru oleh Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide MP.


Turut dihadiri Koodinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sultanbatara, Ketua Yayasan Nabigh Akademik, Ketua dan Seluruh Dosen serta Sivitas Akademik STMIK AMIKA SOPPENG.


Published : Yulisa M