Wabup Soppeng Resmikan Program IBM-Pamsimas di Kecamatan Donri-Donri -->


 

Translate


Wabup Soppeng Resmikan Program IBM-Pamsimas di Kecamatan Donri-Donri

CELEBESINDO
Kamis, 14 September 2023


Soppeng, Celebesindo.com, -Wakil Bupati Soppeng Ir. H. Lutfi Halide, MP. menghadiri acara Serah terima kegiatan program infrastruktur berbasis masyarakat (IBM-Pamsimas) tahun 2023 dan Peresmian sarana air minum kelompok masyarakat (Pokmas) Bocco Tellue Desa Leworeng dan Pokmas Paddangeng Desa Lalabata Riaja, bertempat di Desa Leworeng, Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Kamis / 14 September 2023.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita ruangan penyaringan air bersih oleh Wakil Bupati Soppeng Ir. H. Lutfi Halide, MP. Dimana sarana air minum tersebut merupakan hasil kegiatan/program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).


Sebelum diresmikan, terlebih dulu dilakukan serah terima kegiatan program infrastruktur berbasis masyarakat pamsimas (IBM-Pamsimas) tahun 2023 di 2 (dua) Pokmas Desa Kecamatan Donri- donri kabupaten soppeng, dari Koordinator Pokmas ke Wakil Bupati, selanjutnya Wakil Bupati menyerahkan ke pengurus Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi.

Laporan Ketua Pamsimas Bocco Tellue, Nurdin, S.Pd. Pertanggungjawaban kegiatan bersumber dari Dana APBN 90% sebesar Rp 400.000.000,-, Dana Incash Masyarakat sebesar Rp 4.500.000,-, Dana Inkind / gotong royong masyarakat sebesar Rp 40.000.000,-.

Pelaksanaan kegiatan dari Desa Lalabata Riaja yaitu diantaranya Pengeboran Sumur Sedalam 45 meter 1 Unit, Pembangunan Menara Reservoir dengan Kapasitas 18 m3 1 Unit, Pemasangan Baru Listrik Daya 3500, Pengadaan Pompa dan Filter Air 1 Unit, pengadaan dan pemasangan pipa 1830 Meter, sambungan Rumah 20 unit.


Pelaksanaan kegiatan dari Desa Leworeng yaitu Pengeboran Sumur Sedalam 45 meter 1 Unit, Pembangunan Menara Reservoir dengan Kapasitas 18 m3 1 Unit, Pemasangan Baru Listrik Daya 3500, Pengadaan Pompa dan Filter Air 1 Unit, Pengadaan dan Pemasangan Pipa 2934 Meter, sambungan Rumah 20 unit.

Sambutan Wakil Bupati Soppeng, Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Program IBM-Pamsimas 2023 dilaksanakan untuk meningkatkan cakupan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang aman dan berkelanjutan dengan outputnya sambungan rumah. Program Pamsimas adalah salah satu program yang mengutamakan gotong royong dalam pelaksanaanya dengan tujuan seluruh sarana Pamsimas yang ada menjadi milik bersama yang harus dipelihara dan dijaga agar berkelanjutan.

Harapan besar dari Program pamsimas ini adalah menjadi salah satu program pendukung percepatan penurunan Stunting di kabupaten soppeng, dengan peningkatan akses air minum aman bisa menekan prevalensi Stunting di desa Locus program IBM-PamsimasI.

Melalui program IBM Pamsimas nantinya menerapkan tarif air minum yang terjangkau oleh masyarakat dengan pembukuan keuangan yang baik dan akuntabel, yang selanjutnya dana iuran tersebut dipergunakan untuk biaya operasional dan perbaikan sarana & prasarana yang telah terbangun sehingga ketersediaan air bersih dan sarana serta prasarananya dapat lestari dan terjaga.

Turut hadir pada kegiatan ini, Perwakilan Dinas PUPR Kab.Soppeng, Camat Donri-Donri, Kepala Desa Lalabata Riaja, Kepala Desa Leworeng, Tim Pendamping Program Pamsimas.

(TM/*)