Pelajar SD Metro School Kunjungi Green House UPT Kementan, Elisabeth Akui Banyak Dapatkan Pengetahuan Pertanian -->


 

Translate


Pelajar SD Metro School Kunjungi Green House UPT Kementan, Elisabeth Akui Banyak Dapatkan Pengetahuan Pertanian

CELEBESINDO
Jumat, 15 September 2023


Gowa, Celebesindo.com, Mengenalkan dunia pertanian sejak dini menjadi salah satu program Kementerian Pertanian dimana saat itu Syahrul Yasin Limpo (SYL) pernah mengatakan bahwa“Keahlian bertanam itu bisa menjadi sebuah aset di masa depan.

Untuk itu, program Pertanian Masuk Sekolah (PMS) sangat penting dijadikan materi pembelajaran.”kata Menta SYL.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Prof. Dedi Nursyamsi menjelaskan, “Seluruh kegiatan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan akan mendukung penumbuhan pengusaha pertanian milenial, salah satunya mendukung Program Pertanian Masuk Sekolah”.

“Pertanian Masuk Sekolah, Kata Dedi, "Sebagai upaya untuk mengenalkan pertanian kepada genarasi milenial Indonesia dan upaya menarik minat mereka untuk terjun ke sektor pertanian,” ungkapnya.

Hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan Siswa-Siswi SD Metro School Makassar yang berkunjung ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku guna mengenalkan langsung kepada siswa-siswi serta untuk memupuk sejak dini kecintaan terhadap pertanian.

Dalam kunjungan sehari ini, dari pagi sampai siang diikuti sebanyak 90 siswa-siswi dan 7 Guru pendamping.

Selain mengenal pertanian secara umum, Pengenalan produk pertanian serta keterlibatan langsung dalam proses bertani/panen merupakan salah satu tujuan kunjungan ini.

Di Green House BBPP Batangkaluku, siswa-siswi dikenalkan berbagai macam sayuran hidroponik, dari sayuran pakcoy, kangkung, selada, bayam dan lainnya.


Mereka juga dijelaskan bagaimana proses dari pembibitan, hingga memanen langsung sayuran yang ada saat itu dan tentunya hasil panen bisa dibawa pulang.

Pembelajaran berikutnya pada laboratorium pengolahan hasil pertanian, disini siswa-siswi belajar mengolah hasil pertanian menjadi olahan yang bisa dimakan, yang saat itu adalah membuat donat dari kentang serta menikmati segarnya minuman dari susu kedelai.

Dalam kunjungan itu, mereka antusias melontarkan berbagai pertanyaan kepada pendamping dari BBPP Batangkaluku.

Salah satu siswi, Elisabeth mengatakan dengan adanya kunjungan ini, kami dapat banyak pengetahuan tentang tanaman, yang biasanya hanya kita dapat melihat yang sudah dibeli dari pasar, tapi disini kita melihat dari bibit sampai bisa panen langsung, tuturnya.

"Kami semua senang belajar pertanian disini, Pertayaan kami semua dijawab baik oleh pendamping BBPP Batangkaluku, pertanian itu sangat menyenangkan, " Jelasnya.

(YM/*)