Cukupi Kebutuhan Darah, UPT Kementan Gelar Donor Darah -->


 

Translate


Cukupi Kebutuhan Darah, UPT Kementan Gelar Donor Darah

CELEBESINDO
Rabu, 30 Agustus 2023


Gowa, Celebesindo.com, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku bekerjasama dengan  Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan donor darah yang dilangsungkan di Aula Hasanuddin Kantor BBPP Batangkaluku, Kamis (30/8/2023).


Kegiatan ini berlangsung selama sehari dengan peserta donor darah terdiri dari ASN, Tenaga Kontrak, Mahasiswa Magang, Siswa PKL, dan Peserta Pelatihan BBPP Batangkaluku yang secara sukarela ikut berpartisipasi sebagai peserta donor darah. 

Sebelum pelaksanaan kegiatan Donor Darah, para Calon Pendonor Darah terlebih dahulu mengisi formulir, kemudian diperiksa berat badan, tekanan darah dan kadar hemoglobin (HB), dan jika persyaratan tersebut telah dipenuhi maka dilanjutkan ke tahapan pengambilan darah.

Dalam kegiatan itu, ada beberapa calon pendonor yang dinyatakan tidak lolos setelah dicek darahnya karena HB-nya ada yang terlalu rendah dan ada juga terlalu tinggi. 

Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, denyut nadi, dan tekanan darah sebelum dinyatakan lolos untuk mendonorkan darahnya.

Sebagaimana Menteri Pertanian Dr Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwah Setiap tetes darah yang didonorkan adalah harapan hidup bagi yang membutuhkan.

Sementara bagi pendonor,"aksi donor adalah aksi sosial yang menyehatkan, karena dengan donor darah akan merangsang tubuh untuk menghasilkan darah baru, sehingga sirkulasi darah akan lebih lancar" ujarnya. 

Hal senada disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi yang mengimbau seluruh UPT melaksanakan gerakan solidaritas peduli kemanusiaan, diantaranya melalui donor darah, agar kita setidaknya dapat meringankan beban sesama dan atau merangkul mereka yang membutuhkan.


Dalam kegiatan ini, PMI Provinsi Sulawesi Selatan menugaskan 1 (satu) orang dokter dan 5 (lima) orang petugas medis, yang dibantu dari petugas medis Poliklinik BBPP Batangkaluku.


PMI mengharapkan dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh BBPP Batangkaluku kali ini dapat mengumpulkan 150 kantong darah. 

Dan peserta yang ditargetkan oleh panitia penyelenggara adalah sebanyak 250 orang peserta donor darah.

dr. Christine Chirsna Indarty yang merupakan dokter umum dari UPT Puskesmas Samata Kabupaten Gowa mengatakan bahwa dengan melakukan donor darah tentunya memiliki banyak manfaat, satu kantong darah dari pendonor dapat menyelamatkan 3 nyawa, selain itu bagi si pendonor, diantaranya dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu membakar kalori, dapat mendeteksi penyakit serius, mencegah penuaan dini, dan masih banyak manfaat lainnya, tuturnya.

"Jika calon pendonor minum obat pengencer darah atau antibiotik, itu tidak direkomendasikan.

Ia juga mengatakan, pengecekan darah / Hemoglobin (Hb) adalah sebagai syarat utama untuk melakukan donor darah," Jelas petugas PMI tersebut. 

Sementara itu, Nenny Slaviaty, Koord. Sub. Kepegawaian BBPP Batangkaluku mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini menjadi kegiatan rutin terus kedepannya, tandasnya.

Bahkan kata Dia"Kegiatan donor darah tidak hanya sebagai kegiatan amal tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, pungkas Nenny Slaviaty.

(Red/*)