Capai Target Akuisisi dan Aktif Program Jamsostek Pada Program Sutasoma, Wabup Soppeng Serahkan Penghargaan -->


 

Translate


Capai Target Akuisisi dan Aktif Program Jamsostek Pada Program Sutasoma, Wabup Soppeng Serahkan Penghargaan

CELEBESINDO
Jumat, 07 Juli 2023


Soppeng, Celebesindo.com, Dinas Tanaman Pangan, Holtikuktura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Soppeng bekerjasama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Soppeng melaksanakan acara Sistem Perlindungan Petani Maju dan Sejahtera (Sutasoma), Monitoring Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Peraturan Bupati No. 5 Tahun 2023 terhadap 3 Indikator Keberhasilan Sutasoma, yang berlangsung di Hark Cafe & Eatery Malaka. Kamis, 6 Juli 2023.


Dikesempatan itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kab.Soppeng, Ir.Fajar, dalam laporannya mengatakan, "Hal yang dibahas hari ini terkait capaian dan masalah yang dihadapi dalam rangka capaian program kita ini, dimana sampai bulan Juni 2023 capaian kita mencapai 25%, walaupun belum mencapai target tapi dalam perjalanan program ini mendapat respon yang luar biasa baik dari petani dan pihak luar.


"Tak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Soppeng menerima Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya dari Presiden RI, Joko Widodo atas prestasi di bidang pertanian melalui program Sutasoma ini. 


"Yang juga perlu dibahas pada hari ini yaitu Implementasi Peraturan Bupati Soppeng tentang sistem perlindungan petani ini, sehingga dalam setiap program mewajibkan penerima manfaat mengikuti program ini, dan hal lainnya terkait pendistribusian pupuk, ujar Kadis Pertanian Ir Fajar.


Sementata itu, Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP dalam sambutannya mengatakan bahwa, "Sejak program sutasoma ini diusulkan kurang lebih 2 tahun yang lalu, saya mengapresiasi usulan ini karena merupakan suatu hal yang luar biasa dan harus segera ditindaklanjuti, terangnya.


"Saya mencoba merefleksikan beberapa teori dari beberapa buku dengan menarik kesimpulan kesimpulan bahwa ada 3 inti pemerintahan yaitu pengaturan, pelayanan dan penindakan, yang mana semua ini dilakukan demi kebaikan masyarakat. 


"Kehadiran kita ditempat ini dengan para pihak terkait untuk bersama-sama melakukan monitoring dan evaluasi program sutasoma ini, apalagi dalam kondisi saat ini, jelas Wabup.


"Saya berharap agar program sutasoma di tahun 2023 dapat mencapai 75%, sehingga dapat memberikan penghargaan kepada Pemerintah. 


"Olehnya itu, saya minta kepada para penyuluh agar menyampaikan program sutasoma ini dengan menjelaskan bagaimana manfaat yang didapatkan dengan program sutasoma ini, pungkas Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide.


Acara dilanjutkan penyerahan penghargaan oleh Wakil Bupati Soppeng kepada 


Pencapaian target akuisisi kepesertaan kepada Koordinator BPP Lalabata.


Telah mempersyaratkan kepesertaan aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan kategori BPP kepada BPP Kecamatan Lalabata dan Kecamatan Ganra.


Telah mempersyaratkan kepesertaan aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan kategori Distributor kepada Distributor CV ABK Mandiri wilayah kerja Kecamatan Lalabata dan PT Kantita Optima Lestari wilayah kerja Kecamatan Ganra.


Selain penyerahan penghargaan juga dilakukan penyerahan Santunan JKM kepada Ahli Waris petani yang meninggal dunia oleh Wakil Bupati Soppeng.


Turut hadir pada kegiatan ini, para anggota Forkopimda, Kadis Kominfo, Kadis Lingkungan hidup, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Soppeng, para Ketua BPP Kecamatan, para Distributor dan pengecer pupuk.


(Red)