Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka Soppeng 2023 Bakal Diwarnai Elong Osong -->


 

Translate


Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka Soppeng 2023 Bakal Diwarnai Elong Osong

CELEBESINDO
Jumat, 14 Juli 2023


Soppeng, Celebesindo.com, Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka adalah suatu kegiatan acara besar yang akan dilaksanakan di kabupaten Soppeng yang pembukaannya akan dilaksanakan di Lapangan Gasis Watansoppeng, Sabtu malam (15/7/2023).


Kegiatan ini dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Soppeng bekerjasama dengan Balai pelestarian budaya dan adat Sulawesi Selatan serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Gau Maraja yang diprakarsai oleh Perkumpulan Wija Raja (Perwira) Lapatau Matanna Tikka untuk mengenang Leluhur yang pernah berjasa di masanya baik dalam pemerintahan, perdagangan maupun dalam membela hak-hak rakyat dan adat budaya masyarakat Bugis.


Dalam pembukaan kegiatan Gau Maraja ini bakal menggunakan Mapping teknik pencahayaan, yang diisi dengan tari klosal yang melibatkan ratusan muda mudi dengan nyanyian gendang mappadendang lagu Bugis yang di kombinasikan dengan mendirikan rumah adat tradisional Bugis yang berbahan bambu dengan waktu kurang lebih 30 menit.



Tidak hanya itu menurut salah satu panitia yang juga seorang seniman Bugis kabupaten Soppeng bahwa, "Dalam kegiatan pembukaan bakal di warnai dengan nyanyian Elong Osong, terang Basri asal kecamatan Marioriwawo, Jumat malam dilapangan Gasis (14/7).


Elong Osong ini adalah nyanyian semangat untuk melawan musuh demi keutuhan negeri tercinta dan mengutamakan keberanian dalam membela tanah air.


Elong Osong ini juga dapat dimaknai sebagai sumpah setia prajurit kepada rajanya dan sebagai pendorong semangat juang bagi yang akan berangkat ke medan perang.


(Red)