Bupati Soppeng Tegaskan Hal Ini Pada Kegiatan Festival Budaya Gau Maraja Lapatau Soppeng 2023 -->


 

Translate


Bupati Soppeng Tegaskan Hal Ini Pada Kegiatan Festival Budaya Gau Maraja Lapatau Soppeng 2023

CELEBESINDO
Sabtu, 17 Juni 2023


Soppeng, Celebesindo.com, Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE menghadiri kegiatan rapat panitia festival Budaya Gau Maraja Lapatau Soppeng 2023 yang dilangsungkan di Aula pertemuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng, Sabtu, 17 Juni 2023.


Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE  dalam sambutannya mengatakan, "Kita harus memaksimalkan dan membuktikan bahwa    kehebatan leluhur kita terutama Arung Palakka merupakan satu warisan yang masih bisa diingat dan dikenang melalui pelaksanaan Festival Budaya Gau Maraja Lapatau, imbuhnya.


"Dan yang terpenting, lanjut Bupati Soppeng, " jangan sampai namanya Gau Maraja namun pelaksanaannya kecil, katanya.


"Oleh sebab itu, " Kita harus bersatu dalam melaksanakan dan mensukseskan dengan semangat dan kebersamaan yang tinggi, terang Bupati Andi Kaswadi Razak.


"Kami dari pemerintah akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk kesuksesan acara ini terutama tempat-tempat yang akan digunakan untuk mensukseskan acara ini, tutur Bupati Soppeng.


Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak menghimbau kepada para panitia agar mempersiapkan dan mempertanggungjawabkan untuk bidang tugas masing-masing, tegasnya.


"Dengan keterlibatan berbagai pihak, kita akan membuktikan sejarah bahwa tidak ada lagi daerah atau kabupaten lain yang bisa melakukan seperti yang kita lakukan. 


"Jadi ketika kepercayaan itu diberikan, mari kita jaga, jangan saling memperlihatkan kekurangan, kalau bisa mari kita saling menutupi kekurangan, tandasnya.


Sementara itu, Ketua Perwira Lapatau, Dr.Andi Safri Pamulu dalam sambutannya mengatakan, "Dalam mensukseskan kegiatan ini, kami selalu hadir dan meminta arahan kepada Bupati Soppeng. 


"Oleh karena itu, semoga melalui  kegiatan ini akan menjadikan geopark di Kabupaten Soppeng bergerak dari hulu ke hilir, inilah dampak dari kegiatan ini, ucapnya.


Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Balai Pelestarian Kebudayaan yang telah luar biasa mensupport kegiatan ini demi kelancaran Festival Budaya Gau Maraja Lapatau Soppeng 2023, sambutannya.


Ditempat yang sama, Kasubag Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX Prov.Sulsel, Andriani  mengatakan, Balai Pelestarian Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatanl, Insya Allah siap mensukseskan acara Lapatau ini, dimana pada acara ini akan ada 2 event besar yaitu pencanangan Geopark untuk Kabupaten Soppeng yang juga memiliki keterkaitan dengan kami yaitu banyaknya situs-situs geologi maupun arkeologi di Kabupaten Soppeng mulai dari jaman purba yang usianya jutaan tahun yang lalu, ungkapnya. 


"Tak hanya itu, kata Andriani, " Kabupaten Soppeng juga memiliki kuburan bersejarah (Makam Jera Lompoe)  dan peninggalan Kolonial Belanda (Villa Yuliana) serta beberapa tempat lainnya, sehingga ini merupakan suatu kebanggan untuk Kabupaten Soppeng dimana memiliki peninggalan arkeologi yang cukup lengkap, paparnya. 


"Oleh karena itu, kami akan senantiasa mensupport apapun yang dibutuhkan terkait pelaksanaan kegiatan ini. 


"Kemudian lanjut Andriani, "Event yang kedua yaitu pertunjukan seni budaya yang ditampilkan pada saat acara pembukaan nanti akan ditampilkan tarian kolosal yang merupakan tradisi kearifan lokal Kabupaten Soppeng yaitu “Mappasiame Wanua” yang diformulasikan dalam bentuk seni pertunjukan, jelasnya. 


"Kami juga melaporkan bahwa Balai Pelestarian Kebudayaan sudah mulai bergerak dengan melakukan latihan selama 1 minggu terakhir dengan para penari sanggar, sehingga persiapan yang kami lakukan Insya Allah kurang lebih 1 bulan kedepan akan siap, katanya. 


Untuk diketahui Festival Budaya Gau Maraja Lapatau Soppeng 2023 akan berlangsung pada tanggal 12 hingga 18 Juli 2023, dengan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya Seminar Internasional, Kirab Budaya, Jejak Budaya


Turut hadir dalam kegiatan ini, Prof.Asri Jaya Dosen Arkeologi Unhas, Prof. Muh Yusuf, Guru besar Unhas, Prof Muhlis Adrawai, Guru besar Unhas, Datu Soppeng bersama Permaisuri, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Andi Promal Pawi.


(Red)