IGTKI-PGRI Soppeng Gelar Perayaan HUT yang ke 73 Tahun -->


 

Translate


IGTKI-PGRI Soppeng Gelar Perayaan HUT yang ke 73 Tahun

CELEBESINDO
Rabu, 07 Juni 2023


Soppeng, Celebesindo.com,-Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Pengurus Kabupaten Soppeng mengelar Hari Ulang Tahun (HUT) IGTKI PGRI ke 73 Kegiatan dipusatkan Jln. Pengayoman Baruga Rumah Jabatan Bupati Soppeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Rabu, 7 Juni 2023.


HUT IGTKI PGRI ke 73 yang dihadiri oleh Bupati Soppeng (Staf Ahli Hukum, Politik, dan Pemerintahan), Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Soppeng, Ketua IGTKI-PGRI Kab Soppeng, Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Soppeng, Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kab Soppeng, Bunda PAUD (Ketua Tim Penggerak PKK) Kab Soppeng, Ketua PGRI, Seluruh pengurus DPC IGTKI dan Guru TK Se Kabupaten Soppeng, serta tamu undangan lainnya.


Paca puncak peringatan Hari Ulang Tahun IGTKI-PGRI yang ke 73 dengan mengusung tema "73 tahun IGTKI-PGRI Mengabdi Untuk Negeri Dengan Menyelenggarakan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas Melalui Guru Taman Kanak-Kanak yang Profesional dan Nermartabat". Dikesempatan itu, Ketua IGTKI-PGRI Kab Soppeng Hj. Dahlia Purnama, S.Pd.,M.Pd membacakan sambutan seragam di depan para tamu undangan yang hadir.



Dalam sambutannya yang berbunyi, "IGTKI-PGRI ini, alhamdulillah tetap tegak berkibar memperlihatkan eksistensinya yang membanggakan di usia yang sudah 73 tahun pada hari ini, 22 Mei 2023 sebagai organisasi profesi yang solid, mandiri, independen, profesional, kuat, berkarakter dan bermartabat.


Seperti kita ketahui bersama, Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023, kita kutip pidato Bapak Menteri bahwa Kemendikbudristek RI telah meluncurkan sebanyak 24 Episode Merdeka Belajar. 


Pada Episode ke-24 ini dijelaskan terkait transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan yang dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2023 di Gedung A Kemendikbudristek Jln. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta.


Marilah bersama-sama kita dukung dan sukseskan program tersebut. Upaya 3 (tiga) target perubahan dalam Transisi PAUD-SD yang perlu dicapai saat tahun pelajaran baru sebagai berikut: 


1. Menegaskan aturan pelarangan tes calistung pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB) di SD/MI. 


2. Menerapkan perkenalan bagi peserta didik baru selama 2 (dua) minggu. PAUD dan SD/MI memfasilitasi anak serta orang tua berkenalan dengan, lingkungan belajarnya.


Satuan PAUD dan SD/MI mengenal peserta didik lebih jauh melalui kegiatan belajar.



3 . Menerapkan pembelajaran yang membangun kemampuan pondasi anak.


Dikesempatan itu juga, ia menghimbau agar ruang-ruang kelas di TK selayaknya mengembangkan ide dan imajinasi anak sehingga capaian pembelajaran tumbuh dan berkembang selama masa pondasi dan memperkuat Profil Pelajar Pancasila pada anak-anak kita.


Pembiasaan hidup bersih dan sehat harus menjadi budaya di semua sekolah TK anggota IGTKI, sehingga dapat menajdi garda terdepan pencegahan stunting yang mendukung ketercapaian generasi emas Indonesia 2045.


"Kami amanahkan bahwa Kurikulum Merdeka perlu terus dipelajari secara menyeluruh sehingga semua TK dapat mengembangkan Kurikulum Merdeka ini baik secara mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi. 


"Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selayaknya diikuti dan diadaptasi oleh segenap anggota IGTKI sehingga kepala sekolah dan guru memang menjadi pemimpin pembelajaran, bergerak bersama untuk mewujudkan merdeka belajar.


Standar mutu Taman Kanak-Kanak anggota IGTKI perlu diperkuat dengan mengedepankan pengetahuan yang benar pada 8 (delapan) standar nasional pendidikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah dan keikutsertaan dalam akreditasi maupun survey lingkungan belajar. 


"Untuk itu, kita mengangkat tema HUT ke-73 IGTKI-PGRI "73 tahun IGTKI-PGRI mengabdi untuk negeri dengan menyelenggarakan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini berkualitas melalui guru Taman Kanak-Kanak yang profesional dan bermartabat".


Sementara itu ditemui Sekretaris IGTKI-PGRI Kab Soppeng Musdalifah, S.Pd.I., S.Pd., M.Si mengatakan bahwa, Alhamdulillah kegiatan pelaksanaan HUT IGTKI-PGRI ke 73 berjalan dengan baik dan lancar dengan harapan semoga Pendidikan Anak Usia Dini Kabupaten Soppeng akan terus maju dengan inovasi dan kreasi untuk membina dan membimbing anak anak di usia dini, pungkasnya.


(ARS)