Sejumlah Guru PAI di Soppeng Ikuti Uji Pemetaan Kompetensi Secara Online di 5 Titik Lokasi -->


 

Translate


Sejumlah Guru PAI di Soppeng Ikuti Uji Pemetaan Kompetensi Secara Online di 5 Titik Lokasi

CELEBESINDO
Kamis, 11 Mei 2023


Soppeng, Celebesindo.com,-Melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama Kabupaten Soppeng, tengah melaksanakan Pemetaan Kompetensi (PK) Online Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB GPAI). 


Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Guru PAI se-Indonesia khususnya di Kabupaten Soppeng yang telah memiliki akun SIAGA (Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama) yang berlangsung pada hari ini Kamis tanggal 11 Mei 2023 dan Jadwal susulan akan digelar pada tanggal 15 s/d 16 Mei 2023.


Kepala Kankemenag Kabupaten Soppeng dalam hal ini diwakili oleh Kasubag Ahmad, S.Ag., M.Th.I yang didampingi Kasi PAI Musradi, S.Pd.I, MA menyampaikan hal itu pada pembukaan Pemetaan Kompetensi (PK) Online Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB GPAI) di Gedung SDN.3 Lemba Kabupaten Soppeng, Kamis, 11 Mei 2023.


“PK Online PAI ini dilakukan untuk pemetaan kompetensi Guru PAI. Sehingga semua guru PAI yang telah memiliki akun SIAGA wajib mengikuti pemetaan kompetensi. Ini untuk kepentingan masing-masing guru PAI sendiri,” ujarnya.


Ahmad, S.Ag., M.Th.I memaparkam maksud dan tujuannya antara lain bahwa pelaksanaan PK Online GPAI ini untuk mengukur kompetensi pedagogik GPAI yang meliputi kompetensi perencanaan pembelajaran, model pembelajaran dan penilaian pembelajaran. 


Selain itu juga untuk mengukur kompetensi profesional GPAI yang meliputi penguasaan materi PAI, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Serta untuk memetakan kompetensi Guru PAI secara Nasional guna menentukan arah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru PAI.


Sementara itu, disela obrolan santai usai pembukaan, Musradi, S.Pd.I.,MA selaku Kasi PAI pada Kementerian Agama Kab. Soppeng mengatakan bahwa, Dengan demikian sudah benar adanya bahwa tindakan para pemegang wewenang untuk melaksanakan kegiatan yang mendukung perkembangan dan kemajuan keprofesionalan GPAI, harapannya semua Guru Pendidikan Agama Islam di seluruh Indonesia khususnya di Kabupaten Soppeng yang ikut ada 312 Orang GPAI bisa menjadi guru yang berkualitas, baik secara Intelektual, Spritual, dan Personal,” Ujar Musradi (Adi).


Di tempat yang sama Hj. Murni, S.Pd.I Ketua Pokjawas PAI selaku koordinator titik pertama melaporkan bahwa, Adapun pelaksanaan PK Online PAI tersebut untuk Kabupaten Soppeng berlangsung di 5 Titik Lokasi, meliputi :


Titik Pertama pelaksanaannya di SDN. 3 Lemba Kec. Lalabata, pesertanya GPAI Kecamatan Lalabata, Kecamatan Lilirilau, dan GPAI SMA, SMK se-Kabupaten Soppeng.


Titik Kedua pelaksanaannya di SDN. 48 Latappareng, pesertanya GPAI Kecamatan Marioriawa dan Kecamatan Donri-donri yang dikoordinir oleh Dra. Hj. Nursiah (Pengawas PAI).


Titik Ketiga pelaksanaannya di SDN. 86 Lajoa, pesertanya GPAI Kecamatan Liliriaja dan Kecamatan Citta yang dikoordinir oleh Hj. Kaderia, S.Ag (Pengawas PAI).


Titik Keempat pelaksanaannya di SDN. 135 Salebbomario, pesertanya GPAI Kecamatan Marioriwawo dan Kecamatan Ganra yang dikoordinir oleh Drs. H. Jamal Wahab (Pengawas PAI).


Titik Kelima pelaksanaannya di SMPN. 2 Watansoppeng, pesertanya GPAI SMP Se Kabupaten Soppeng yang dikoordinir oleh Drs. Sulaiman.T, M.Pd (Pengawas PAI Tingkat SMP).


(ARS)