Bupati Soppeng Andi Kaswadi Beberkan Upaya Penyelamatan Situs Tinco Meski Bukan Kewenangan Kabupaten -->


 

Translate


Bupati Soppeng Andi Kaswadi Beberkan Upaya Penyelamatan Situs Tinco Meski Bukan Kewenangan Kabupaten

CELEBESINDO
Sabtu, 15 April 2023

 


Soppeng, Celebesindo.com,-Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak, SE menghadiri Sosialisasi dan Edukasi Perubahan Iklim, Ketahanan Pangan, Inflasi dan Stunting yang dilangsungkan di
Hark Cafe & Eatery Malaka
Sabtu, 15 April 2023.

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI)  Cabang Soppeng selaku pelaksana menghadirkan Bupati Soppeng, Kepala Bappelitbanda (Plt DPMD) Andi Agus Nongki,S.IP, M.Si, Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura Ir Fajar, MP.

Nampak ketua Apdesi Kabupaten Soppeng Jumaldi Bakri, S.Sos didampingi sekretaris Apdesi Firdaus, S.Sos.

Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE dalam arahannya mengatakan," Masalah iklim perlu menjadi perhatian khususnya pemerintah agar masyarakat tidak kekurangan air dalam bercocok tanam, sehingga ketersediaan air harus betul-betul selalu tercukupi. 

"Namun disisi lain ada beberapa hal yang mungkin menjadi hambatan kita diantaranya bencana banjir serta faktor infrastruktur lainnya, terang Bupati Andi Kaswadi.
 
Menurutnya, "Kita sadari bahwa ada beberapa hal yang mungkin masyarakat awam tidak tahu, contohnya pada saat terjadi bencana alam di Tinco dimana itu sebenarnya bukan kewenangan Kabupaten tapi pusat. 

"Walaupun demikian kita akan tetap berusaha memenuhi semua  persoalan yang dialami oleh Masyarakat Soppeng, tandas Kaswadi. 

Dikatakan Bupati Soppeng, Dalam hal masalah pangan, ada kekhawatiran yang kami rasakan  salah satu contohnya pada saat terjadi bencana pasti kita membutuhkan persediaan stok pangan, sehingga ini perlu menjadi perhatian kita semua apalagi dengan fenomena alam saat ini, katanya. 

"Apa yang kita lakukan selama ini tidak sesederhana yang dibayangkan apalagi saat ini kita diperhadapkan dengan berbagai masalah diantaranya masalah stunting dan  inflasi yang dapat menguras tenaga maupun pikiran kita semua yang bahkan saat ini belum stabil. 

"Namun untuk Kabupaten Soppeng sendiri, Alhamdulillah kita masih berada dalam kondisi stabil, aku Bupati Soppeng. 

Dikatakan juga, Melalui kegiatan ini, saya berharap kita semua dapat menjadi motor penggerak di tengah masyarakat dalam hal menjaga stabilitas ekonomi. 


"Oleh karena itu, jangan sekali-kali mengosongkan stok pangan karena kedepan kita tidak tahu apa yang akan terjadi, jadi kita harus tetap waspada, tegas Bupati Andi Kaswadi.

"Saya juga berharap agar dalam menjalankan pemerintahan desa ada kerja sama antara Kepala Desa dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) agar turut memberikan peran kepada masyarakat dalam menjalankan sebuah program, pungkas Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak. 

(Red/Yulisa)