Musrenbang RKPD Tahun 2024 Kabupaten Soppeng Bertajuk Ekonomi Politik dan Keamanan -->


 

Translate


Musrenbang RKPD Tahun 2024 Kabupaten Soppeng Bertajuk Ekonomi Politik dan Keamanan

CELEBESINDO
Kamis, 09 Maret 2023


Soppeng, Celebesindo.com,- Musrenbang RKPD Kabupaten Soppeng Tahun 2024 dilangsungkan di Aula Kantor gabungan dinas kabupaten Soppeng, Kamis, 09 Maret 2023.


Kegiatan ini bertema : Pemantapan Perekonomian Rakyat, Penguatan Demokrasi Politik dan Pemeliharaan Ketertiban dan Keamanan.


Kepala Bappelitbangda Kabupaten Soppeng, Andi Agus Nongki dalam laporannya mengatakan,"Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk mengetahui arah kebijakan dan program prioritas di tingkat provinsi dengan lokus di Kab. Soppeng.


Selain itu, juga menyerap usulan program kegiatan dari Desa/Kelurahan se Kab. Soppeng yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng dan usulan program/kegiatan yang menjadi kewenangan Provinsi Sulawesi Selatan yang memerlukan dukungan pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. 


"Serta sebagai tahapan dalam penyempurnaan Rancangan RKPD Tahun 2024.


"Keluaran dari kegiatan ini, kata Andi Agus Nongki, yakni  antara sebagai sasaran dan prioritas Pembangunan Daerah RKPD Kabupaten, Program dan Kegiatan Perangkat Daerah Kabupaten, serta program dan kegiatan Perangkat yang belum diakomodir dalam Rancangan RKPD Kabupaten.


"Adapun peserta konsultasi publik rancangan awal RKPD Tahun 2024 ini yaitu para Anggota DPRD Prov. Sulawesi Selatan, SKPD Prov. Sulawesi Selatan, Anggota DPRD Kab. Soppeng, Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Sekda, para Kepala SKPD, para Kabag Setda, Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, para camat, Kepala Desa/Lurah se Kab. Soppeng, para pimpinan Perguruan Tinggi, tokoh masyarakat, para Ketua Kepemudaan, Ketua Ormas, Asosiasi Profesi/Usaha.


Sementara itu, Ketua DPRD Soppeng H. Syahruddin M. Adam S. Sos M. M pada kesempatan tersebut menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD yakni," Perencanaan pembangunan daerah adalah suatu proses untuk menentukan kebijakan masa depan melalui urutan pilihan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam jangka waktu tertentu di daerah.


"Adapun prioritas pembangunan daerah Kabupaten Soppeng 2014 yaitu, "Memantapkan pembangunan manusia serta derajat kesejahteraan rakyat, Pemantapan infrastruktur dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, Memantapkan saya saing dan memperkuat demokrasi melalui pemeliharaan keamanan dan ketertiban daerah, Memantapkan kualitas lingkungan dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, dan Memantapkan kapasitas tata kelola pemerintahan untuk menunjang pelayanan publik, Ketua DPRD Kabupaten Soppeng yang juga selaku legislator Golkar tersebut.


Menurutnya, "Berdasarkan hasil reses pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Soppeng masa persidangan kedua, ketiga tahun sidang 2021-2022 dan masa sidang kesatu tahun sidang 2022-2023 masih dijumpai beberapa permasalahan baik di bidang pemerintahan, bidang perekonomian, pembangunan dan bidang kesejahteraan rakyat.


"Berdasarkan pembahasan sebelumnya, DPRD Kabupaten Soppeng memberikan saran dan masukan sebagai berikut :


"Untuk pembangunan infrastruktur dan pertanian antara lain peningkatan jalan lingkungan dan jalan usaha tani, perbaikan rumah tidak layak huni, penyediaan prasarana air bersih, penerangan jalan umum, irigasi dan bantuan sarana produksi pertanian.


"Untuk pendidikan dan kesehatan yaitu pengadaan/penataan tenaga pendidik, pembangunan ruang kelas, menyediakan sarana dan prasarana kesehatan masyarakat tingkat Desa/Kelurahan dan menanggulangi iuran BPJS kesehatan untuk keluarga tidak mampu.


"Dalam penyusunan Musrenbang tahun 2024, Bappelitbangda Kabupaten Soppeng hendaknya melakukan inventarisasi dan penelaahan program dan kegiatan yang diusulkan DPRD KAb. Soppeng dalam urusan Perangkat daerah, imbuhnya.


Sementara itu, Mewakili Gubernur Sulawesi Selatan, Asisten Perekonomian dan pembangunan Prov. Sulsel Dr. Muh. Ichsan MUstari, MHM dalam sambutannya mengatakan, "Musrenbang yang kita laksanakan pada hari ini merupakan forum dialog antara seluruh pemangku kepentingan pembangunan sekaligus penyampaian rancangan RKPD Tahun 2024 yang memuat arah kebijakan program dan kegiatan strategis beserta indikasi pembiayaan yang bertujuan untuk menyelaraskan serta mensingkronisasi program kegiatan pembangunan daerah.


"Kami juga sampaikan apa yang menjadi capaian dan indikator makro secara ekonomi, sosial yang tentu ini dapat menjadi dasar kita dalam membuat rancangan tahun 2024. Sebelumnya saya sampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi kita di triwulan ke-IV tahun 2022 sekitar 5,11 % jika dibandingkan tahun 2021 dimana pada saat itu kita mengalami kondisi yang kurang optimal karena kita masih dilingkupi dengan Covid sehingga kita hanya sekitar 4,64 %. Adapun sektor-sektor yang mendukung dari adalah sektor pertanian, kehutanan dan perikanan serta sektor lainnya.


"Dalam menyusun perencanaan ini kita harus menyusun apa yang akan menjadi upaya kita kedepan terkait dengan pertumbuhan dan pengendalian Inflasi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan dimana dalam pengendalian inflasi ini yaitu bagaimana agar produksi kita meningkat sehingga Gubernur Sulsel mendorong adanya mandiri benih yang memberikan gratis kepada masyarakat.


"Tapi tidak hanya itu, namun juga agar semua produk masyarakat dapat terdistribusikan dengan baik kepada masyarakat serta agar produk ini dapat memiliki daya saing.


"Hal tak kalah penting juga yaitu bagaimana kita melihat Indeks pembangunan manusia di Sulsel khususnya di Kab. Soppeng dibandingkan 2021 kita sudah meningkat dari 72,24% menjadi 72,82 % khusus di Soppeng ini ada peningkatan yang salah satu indikatornya adalah umur harapan hidup.


"Tapi yang juga sangat berkaitan dengan indeks pembangunan manusia adalah program stunting, dimana saat ini jumlah penurunan stunting kita dari 2021-2022 menurun cuma 0,02 %.


"Sedangkan instruksi presiden diharapkan agar di tahun 2024 jumlah stunting di Indonesia harus 14% jadi kita berharap setiap tahunnya ada 12% stunting harus turun.


"Ini bisa dilakukan tentu dengan kerjasama dan keterlibatan dari semua pihak dan poin yang paling penting adalah buatlah stunting menjadi masalah masyarakat, jangan sampai masalah stunting hanya masalah bagi kita yang hadir di ruangan ini. 


"Karena perlu diketahui bersama bahwa stunting tidak hanya menghasilkan anak pendek tapi menghasilkan anak yang tisak cerdas.


Acara ini secara resmi dibuka oleh Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya mengatakan,
Pada kesempatan ini saya sampaikan terkait masalah sutera, dimana kemarin bersama Gubernur kita sepakat akan mengembalikan kejayaan sutera di Kabupaten Soppeng, sehingga kita harus konsisten dan harus mengetahui sebenarnya sutera ini seperti apa dan sejarahnya bagaimana, karena 95 % produksi benang di Indonesia pernah dikuasai Soppeng di tahun 70-an, bahkan presiden Soeharto datang ke Soppeng hanya karena sutera, jadi kita dapat melihat daerah mana  yang paling mendukung program kejayaan sutera dan untuk Kab. Soppeng sendiri, masyarakatnya siap. 


"Namun konsep kita bukan hanya sekedar sutera saja, tapi  kita mencoba mensinergikan dengan pariwisata yaitu KWA Lejja agar menjadi destinasi wisata yang lengkap.


"Selain itu, kita bukan hanya menanam murbei, tapi kita akan jadikan sebagai kawasan pendidikan Agro Techno Park, dimana kita sudah menyiapkan lahan 300 hektar untuk ini. 


"Terkait masalah inflasi, ada beberapa langkah yang kami lakukan diantaranya menanam sejuta cabe yaitu cabe tampaning yang saat ini kami urus hak patennya dan telah kami sebar dimasyarakat, selain cabe kami juga memiliki kopi lanang yang biasa kami sebut "kopi tungke".


"Namun yang perlu saya garis bawahi disini yaitu bagaimana menjaga kebersamaan ini, sama halnya dalam menangani masalah stunting dimana setelah kami mencoba mengintervensi dengan cara kita, hanya 1 bulan dari sekian kasus mengalami penurunan.


"Tapi memang kita harus maksimal, sehingga kita juga melibatkan PKK serta semua OPD juga memiliki desa binaan dengan program Mappadeceng yang memiliki beberapa kegiatan didalamnya salah satunya yaitu menangani masalah stunting, pungkas Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak.


Acara dilanjutkan penandatangan Berita Acara Musrenbang oleh Bupati Soppeng didampingi Kepala Bappelitbangda Kabupaten Soppeng.


(Red/**)