Kolaborasi Kominfo RI dengan Disdikbud Soppeng Gelar Literasi Digital Nasional "Makin Cakap Digital" -->


 

Translate


Kolaborasi Kominfo RI dengan Disdikbud Soppeng Gelar Literasi Digital Nasional "Makin Cakap Digital"

CELEBESINDO
Jumat, 17 Maret 2023


Soppeng, Celebesindo.com,-Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan, dan Siber Kreasi menyelenggarakan suatu kegiatan webinar zoom Makin Cakap Digital 2023 segmen Pendidikan wilayah Sulawesi dengan mengusung tema "Menjadi Pengguna Media Sosial Yang Bijak, Kreatif, dan Inovatif" yang diselenggarakan secara Dalam Jaringan (Daring) melibatkan belasan ribuan dari seluruh siswa siswi SD dan SMP, Guru dan Tenaga Kependidikan se-Kabupaten Soppeng. Jumat, 17 Maret 2023 pukul 09.00-11.00 Wita.


Program literasi digital yang diselenggarakan oleh Kominfo RI bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia khususnya para pelaku pendidikan; siswa siswi, guru, dan tenaga kependidikan dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.


Pada kegiatan ini yang bertindak selaku Narasumber diantaranya Dr. Nur Alim, M.Pd Plt. Sekretaris Disdikbud Soppeng mengangkat materi "Budaya Digital", Yusuf Mars Founder PadasukaTV mengangkat materi "Kecakapan Digital", Zulfan Arif Penerjemah dan Conten Writer mengangkat materi "Keamanan Digital", Indriani Wijaya bertindak selaku Moderator.


Para peserta webinar via zoom dengan menggunakan peralatan masing-masing di Sekolah telah mengikuti literasi digital dengan tertib dan seksama di dalam kelas merupakan bagian dari kegiatan belajar mengajar dengan didampingi guru guru di sekolah.



Plt. Sekretaris Disdikbud Soppeng Dr. Nur Alim, M.Pd dalam pemaparannya mengatakatan bahwa, tidak bisa dipungkiri lagi di zaman milenial ini, perkembangan teknologi sudah menjadi penyabab salah satu terbentuknya era digital yang membawa perubahan. 


"Kita bisa melihat dan mengalami teknologi digital saat ini, sudah menjadi bagian dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi, berinteraksi melalui media sosial, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari. 


"Makanya, dibutuhkan kemampuan literasi digital yang baik pada peserta didik khususnya. 


Dikatakan pula bahwa, Literasi digital ini merupakan kemampuan untuk mengakses, memahami, membuat, mengkomunikasikan dan mengevaluasi informasi melalui teknologi digital yang bisa diterapkan dalam kehidupan ekonomi dan sosial.



Jadi secara pribadi, saya dan kita semua tentu harus bersyukur sekali karena telah diadakan kegiatan seperti ini tentu mempunyai faedah yang bermanfaat dan tujuan yaitu membangun kesadaran dan pengetahuan peserta didik tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital peserta didik Indonesia untuk menciptakan ruang digital yang aman, beretika dan produktif.


(Red/ARS)