Ikuti SKD CAT, Pihak BKN Ingatkan Ratusan Calon PPPK Jajaran Kementan, Jangan Percaya Calo -->


 

Translate


Ikuti SKD CAT, Pihak BKN Ingatkan Ratusan Calon PPPK Jajaran Kementan, Jangan Percaya Calo

CELEBESINDO
Jumat, 17 Maret 2023


Makassar, Celebesindo.com, - Pelaksanaan Ujian kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Tenaga Teknis Kementerian Pertanian dilaksanakan hari ini dengan menggunakan seleksi berbasis Computer Asissted Test (CAT). JUM'AT (17/3/2023).


Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kanreg Makassar bersama Panitia ujian Kementerian Pertanian tengah melakukan verifikasi ulang terkait kelengkapan berkas sebelum pelaksanaan ujian.


BKN menjadwalkan seleksi CAT bagi PPPK Tenaga Teknik untuk Kementerian Pertanian berlangsung hanya satu sesi yakni sesi pertama dari jam 08.00 - 10.00 WITA.


Selain itu dikonfirmasi dari panitia Kementerian Pertanian, peserta yang mengikuti ujian hari ini  sebanyak 113 orang peserta dan 13 orang peserta calon PPPK Kementan yang tidak hadir atau terlambat datang di lokasi ujian sehingga tidak bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CAT BKN.


Panitia juga menekankan untuk tetap wajib mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan, mengukur suhu badan, sebelum memasuki tempat ujian.(OH).


Peserta tes akan melalui beberapa tahapan pengecekan sebelum memasuki ruangan ujian yakni peserta registrasi online melalui scan barcode yang langsung terhubung ke regis BKN, menitipkan barang bawaan pada loker yang disiapkan, kemudian dilakukan pemeriksaan body check menggunakan metal detector, pengecekan identitas peserta, dan pemberian pin ujian dengan menunjukan Kartu Ujian dan KTP dan lain sebagainya hingga sampai ke ruang ujian.


Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian, Zulkifli didampingi Kepala BKN Kanreg Makassar Agus Sutiadi tampak hadir meninjau langsung tahapan-tahapan yang harus dilalui dan ketentuan-ketentuan yang harus ditaati peserta sebelum menuju ruang ujian CAT BKN.


Zulkifli memberikan motivasi kepada seluruh peserta untuk tetap semangat dan jangan lupa berdoa sebelum mengikuti ujian.



Beliau juga berharap peserta mendapatkan penilaian yang objektif sehingga yang lulus nanti adalah peserta yang benar-benar berkualitas dan berkompeten.


"Salut dengan peserta yang hadir dari berbagai bidang ilmu, jadi nanti yang lulus juga adalah orang-orang yang mandiri dengan keilmuannya," ungkap Zulkifli.


Ia juga menghimbau agar peserta sesi berikutnya, untuk mempersiapkan diri dengan baik dan hadir tepat waktu, membaca kembali persyaratan dan serta membawa dokumen-dokumen yang telah ditentukan panitia.


Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar, Agus Sutiadi mengatakan bahwa hasil ujian dapat dipantau melalui live streaming di akun youtube official CAT BKN dan Kantor Regional/UPT BKN se-Indonesia sesuai dengan wilayah tilok ujian.


“Sistem CAT BKN dirancang untuk menyajikan hasil yang cepat, akuntabel, dan transparan.


"Siapa pun dapat memantau hasil ujian karena disajikan secara terbuka sehingga tidak bisa dimanipulasi,” terangnya kepada peserta.


Ia juga berpesan kepada peserta agar berorientasi pada kemampuan diri sendiri dan jangan berkompromi terhadap tawaran oknum yang tidak bertanggung jawab dengan dalih membantu kelulusan peserta.


"Jangan percaya kepada siapa pun yang menawarkan untuk membantu meluluskan peserta (Calo, red), itu pasti bohong,” pesannya.


Bakri salah satu peserta ujian mengatakan sangat bersyukur bisa sampai ketahapan ini, dan berharap nilai yang diperoleh dari hasil Ujian CAT bisa menjadikannya lulus serta bisa menjadi PPPK.


"Persiapan saya adalah belajar dan meminta restu orang tua dan tentunya berdoa demi kelancaran saat ujian," ujar Bakri.


(Humas BBPP-BK)