Ikatan Ana' Dara Kallolo Soppeng Sukses Gelar Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Soppeng 2023 -->


 

Translate


Ikatan Ana' Dara Kallolo Soppeng Sukses Gelar Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Soppeng 2023

CELEBESINDO
Selasa, 14 Maret 2023


Soppeng, Celebesindo.com,-Ikatan Ana' Dara Kallolo (Ikalong) bekerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng sukses menggelar malam puncak Grand Final Ajang Pemilihan Duta Budaya 2023 yang berlangsung meriah dan menegangkan pada tanggal 11 Maret 2023 di lapangan Kawasan Wisata Alam (KWA) Ompo.


Kemeriahan puncak acara pemilihan Duta Budaya Kabupaten Soppeng 2023 yang digelar dari tanggal 6-11 Maret 2023 terlaksana setelah melalui proses panjang yang dimulai dari, tekhnikal meeting, tes tertulis, interview, pembekalan, ajang bakat seni budaya, Foto shoot, kunjungan budaya, dan kegiatan lainnya.


Turut Hadir dalam grand final  pemilihan Duta Budaya dihadiri oleh Bupati Soppeng diwakili oleh Staf Ahli Andi Fitrtuddin, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Soppeng Dr. Karim, M.Pd, Ketua MARS Soppeng YM. Andi Tantu Datu Galib, Kapolres, Dandim Soppeng, para Kepala SKPD beserta undangan lainnya.


Diawal acara menampilkan seluruh finalis Duta Budaya 2023 dari berbagai utusan pelajar dan umum se-Kabupaten Soppeng dengan penampilan berkostum pakaian adat khas Bugis Sulsel. Kemeriahan begitu terasa sebab dihadiri oleh para pendukung tiap finalis dari berbagai utusan.


Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Soppeng Dr. Karim, M.Pd ia menyampaikan melalui ajang Pemilihan Duta Budaya Kab Soppeng 2023 dengan memberi supporting dan semangat kepada para finalis Duta Budaya. 


Menurutnya perjuangan lebih berat dan menantang kedepannya karena insya Allah tahun ini juga akan diadakan pemilihan Duta Budaya tingkat Provinsi, berharap perwakilan Soppeng yang keluar sebagai juara dalam penobatan Duta Budaya bisa lebih berprestasi untuk menyabet jawara di tingkat provinsi sebagai Duta Budaya 2023. 


Harapannya lagi kepada seluruh finalis untuk terus belajar dan latihan serta memberdayakan talenta-talenta / potensi diri agar bisa mempromosikan atau memperkenalkan Budaya budaya lokal khususnya Bugis dan secara umum di Kabupaten Soppeng.


Sementara itu Ketua Umum Ikalong Ismadi Aquino didampingi Ketua Panitia Pemilihan Duta Budaya Kab Soppeng 2023 Andis saat dikonfirmasi, Ia menyampaikan dan mengucapkan rasa syukur yang mendalam karena setelah melalui proses panjang akhirnya puncak acara grand final pemilihan Duta Budaya Kab. Soppeng 2023 terlaksana dengan baik. Ia menegaskan Duta Budaya terpilih adalah mutlak hasil penilaian secara objektif dengan melihat beberapa indikator utama.



Lanjut Ismadi Aquino, tentu ini menjadi tugas yang berat, khususnya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Soppeng karena kita harus tetap mengawal terus utusan Duta Budaya Soppeng diajang tingkat provinsi untuk bisa mencapai target yaitu jawara di tingkat provinsi nanti. Ucap penuh harap.


Dari keseluruhan pserta yang ikut dalam ajang pemilihan Duta Budaya Kabupaten Soppeng 2023 saat grand final dilakukan pengumuman secara bertahap mulai dari 12 besar, 6 besar, hingga 3 besar yang nantinya akan ditentukan masing masing 1 orang putera dan puteri sebagai “the winner” Duta Budaya Kab. Soppeng 2023. 


Seluruh finalis yang masuk ke tiap babak diberikan pertanyaan Kebudayaan oleh masing-masing dewan juri dan pertanyaan acak yang telah disediakan oleh panitia.


Setelah penantian dan ketegangan panjang akhirnya terpilihlah jawara Duta Budaya Kabupaten Soppeng 2023, diantaranya


"Duta Budaya Ana dara" 

Nama : Riska Heri

Utusan : umum

Tempat tanggal lahir,  lompoe, 15 juli 2000

Alamat : BTN Griya Lemba Permai 


Runner Up I

Nama: Nadine Alexandria

Utusan : SMAN 7 SOPPENG

Tempat tanggal lahir, Makassar, 28 Juni 2007

Alamat : Abbanuangnge


Runner Up II

Nama: A. Citra Qurani Nur

Utusan : SMAN 1 SOPPENG

Tempat tanggal lahir, : Soppeng,18 Juni 2005

Alamat : Lawo


"Duta Budaya Kallolo"

Nama:  Aditya Prayogi

Utusan : Umum

Tempat tanggal lahir, Watansoppeng, 21 Maret 2003

Alamat : Jl. lamumpatue, Kelurahan Botto Kecamatan. lalabata, Kabupaten Soppeng, Sulawesi selatan.


Runner Up I 

Nama: Andi Adharyansa Kamaluddin

Utusan : MAN 2 SOPPENG

Tempat tanggal lahir,  Tanete, 11 JANUARI 2006

Alamat :Tanete


Runner Up II

Nama: Revaldy Pratama

Utusan : MAN 2 SOPPENG

Tempat tanggal lahir, Batu batu,28 Januari

Alamat :Batu batu.


(Red/ARS)