Wakil Bupati Soppeng Beri Pesan Inovasi Ke Kwarcab Pramuka Kabupaten Soppeng Saat Buka Muscab -->


 

Translate


Wakil Bupati Soppeng Beri Pesan Inovasi Ke Kwarcab Pramuka Kabupaten Soppeng Saat Buka Muscab

CELEBESINDO
Jumat, 10 Februari 2023

Soppeng, Celebesindo.com,-Wakil Bupati Soppeng Ir. H.Lutfi Halide, MP membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Kwartir Cabang (Kwarcab) kabupaten Soppeng tahun 2023 yang dilangsungkan di ruang rapat kantor DPRD Kabupaten Soppeng Jalan Salotungo Watansoppeng, Sabtu 11 Februari 2023.


Kegiatan ini diikuti sebanyak 72 Peserta dari kwarcab dan kwarran se Kabupaten Soppeng.


Ketua pelaksana Muscab Pramuka Kabupaten Soppeng Drs.Sulo, M.Si dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa musyawarah Cabang ini dimaksudkan sebagai forum pertemuan silaturahin antara anggota kwarcab dengan
tujuan untuk melaporkan kegiatan selama satu periode yakni dari tahun 2018 hingga 2023.


Selain itu, menyusun rencana kegiatan 5 tahun ke depan tahun 2023 sd 2028 serta memilih pengurus kwarcab periode 2023 hingga 2028, papar mantan Kepsek SMK 1 Soppeng Drs Sulo.


Sementara itu, Wakil bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide, MP saat membuka kegiatan tersebut berharap kepada pengurus yang baru dibentuk agar membuat sekretariat yang baru, Imbuhnya.


Menurutnya,"Sekretariat adalah tempat kita bermusyawarah dan melahirkan program program andalan pramuka" terang Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide.


Bahkan kata Wabup, "Seorang Pramuka harus menjadi contoh kepada masyarakat dalam menghadapi setiap problema yang muncul saat ini", tandasnya.


Wabup Soppeng Lutfi Halide juga menjelaskan bahwa saat ini kita menghadapi Krisis global, Krisis energi, Krisis keuangan, dan Krisis pangan.


"Salah satu contoh pada saat langka minyak goreng, pramuka harus tampil didepan dan memberikan contoh bagaimana mengatasi kelangkaan ini dengan menggalakkan masyarakat untuk menghasilkan minyak goreng dari kelapa dengan cara "Mattana", papar mantan Staf Ahli Mentan Lutfi Halide.


Lebih lanjut dikatakan bahwa, "Minyak goreng dari kelapa mempunyai kualitas yang lebih bagus, harum dan tahan lama, katanya.


Dikatakan Lutfi, " Saya pernah tinggal di jepang, saya mempelajari hal yang perlu ditiru dari mereka seperti bagaimana pola kerja mereka yang bisa memanfaatkan semua lahan menjadi lahan yang berguna"ungkapnya mencontohkan.


Yang tidak kalah pentingnya, Kata Wabup, "Pramuka harus bisa berkarya, menjadi teladan, sehingga bisa mendorong Kabupaten Soppeng menjadi daerah tujuan dan contoh bagi daerah lain", pungkasnya.


Hadir dalam kegiatan ini
Ketua DPRD selaku wakil majelis pembimbing cabang Pramuka Kabupaten Soppeng, Kepala Bidan Kepemudaan Dispapora dan para kepala SKPD, Para Ketua dewan kerja pramuka kabupaten Soppeng.


(Red/**)