Kementan Genjot Ketahanan Pangan Mulai dari Desa Dengan Memaksimalkan P4S -->


 

Translate


Kementan Genjot Ketahanan Pangan Mulai dari Desa Dengan Memaksimalkan P4S

CELEBESINDO
Selasa, 14 Februari 2023


Sulbar, Celebesindo.com,-Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan desa memiliki peran penting untuk mendukung ketahanan pangan dan memiliki peran untuk mendukung pembangunan pertanian.


"Pembangunan pertanian yang terbaik harus dilakukan dari lapangan, dari desa. Oleh sebab itu, pertanian desa harus kita dukung dan tingkatkan. Pembangunan pertanian yang kita lakukan, dimulai dari desa. Oleh karena itu, kita memaksimalkan peran P4S sebagai pembaharu perdesaan " katanya.


P4S sebagai pembaharu perdesaan diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan pangan lokal melalui pemanfaatan teknologi smart farming dan pertanian regeneratif.


Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) mengatakan jika P4S atau Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya, adalah kelembagaan pelatihan dengan metode pemagangan pertanian. 


"P4S didirikan, dimiliki dan dikelola oleh pelaku utama dan pelaku usaha secara swadaya baik perorangan maupun kelompok," katanya.


Menurutnya, P4S berperan sebagai lembaga penyelenggara pelatihan dan permagangan untuk Pelaku Utama dan/atau Pelaku Usaha lain. Selain itu, P4S adalah lembaga yang turut andil dalam penyelenggaraan penyuluhan dan pendampingan Pelaku Utama dan/atau Pelaku Usaha lain. 


"Peran P4S lainnya adalah sebagai lembaga yang turut menumbuhkan, mengembangkan dan memperkuat kader tani. Kemudian sebagai sentra dalam pengembangan dan diseminasi teknologi/inovasi, budidaya, perbenihan, pengolahan hasil, pengembangan spesifik lokalita, juga sebagai Sentra pengembangan jejaring Usaha Tani," terangnya.


Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) merupakan Lembaga permagangan swadaya di perdesaan dibawah pembinaan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian. P4S di Provinsi Sulawesi Barat merupakan wilayah binaan dibawah UPT Pelatihan BPPSDMP.  Senin, 13/2/2023 Forum Komunikasi Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (FK P4S) Kontara Garden .  resmi dikukuhkan  oleh PJ Gubernur Sulawesi Barat yang diwakilkan Oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Prov. Sulawesi Barat Muhtar, S.Pi, M.Si


Dihadapan Kepala BBPP Batangkaluku yang diwakilkan oleh Sub Koordinator Program dan Kerjasama Yuli Nurnaningsih, ST, M.Si, dan, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Prov. Sulawesi Barat Muhtar, S.Pi, M.Si, diharapkan pengukuhan ini dapat mendukung program pemerintah untuk memenuhi kecukupan pangan dan meningkatkan nilai tambah usaha tani.


 Terutama untuk memenuhi kecukupan pangan dan meningkatkan nilai tambah usaha tani.


Bertempat di P4S Kontara Garden  Desa Rea Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, selaku . Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Prov. Sulawesi Barat Muhtar, S.Pi, M.Si, mengharapkan, agar P4S dapat berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian, yaitu dalam bentuk pelatihan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya masing-masing, dalam memajukan dan dapat berkontribusi untuk pembangunan pertanian.


Menurutnya, ketahanan pangan bisa ditempuh melalui pendampingan petani oleh P4S dan Penyuluh Pertanian untuk meningkatkan produksi dan turun ke lapangan untuk tanam bersama-sama, olah tanah, panen, mengolah hasil panen, mendistribusikan hasil panen, sehingga petani mendapat penghasilan yang layak.


“Saya berharap agar P4S juga dapat berperan penting dan ambil adil dalam pembangunan pertanian di wilayah Sulawesi barat yang dimana hampir semua didaerah kit aini banyak pertanian, sebagai tonggak utama yang akan menjadi penyanggah untuk IKN di Kalimantan P4S akan berperan untuk memajukan petani, maupun pertanian yang ada di Sulawesi Barat ini.” Ujarnya.


Sementara itu, Ketua Umum FK P4S Nasional Andi Burhan Badurahman Abdullah menyampaikan P4S ini diharapkan akan menjadi sebagai untuk kemandirian pangan yang dimana sesuai dengan program kami yaitu 1 desa 1 P4S.


“program ini sudah kami sampaikan ke bapak Menteri pertanian dan tinggal digerakkan saja, inilah sebagai tugas dari ketua FK P4S Sulawesi Barat.” Pungkasnya.


Hal ini mempercepat target pembangunan pertanian serta kesuksesan program-program strategis Kementerian Pertanian. Dan selanjutnya dalam rangka dukungan pembinaan dan penumbuhan P4S, BBPP Batangkaluku akan melakukan kunjungan ke beberapa calon P4S yang telah diajukan ke dinas pertanian.


Acara pengukuhan tersebut  juga dihadiri  Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Prov. Sulawesi Barat, Kepala BBPP Batangkaluku yang diwakilkan oleh Sub Koordinator Program dan Kerjasama,Ketua Umum FK P4S Nasional, Ketua FK P4S Sulawesi Selatan, Ketua KTNA Sulawesi Selatan dan sejumlah Kelompok Tani di Kecamatan Binuang di bawah P4S Kontara Garden.


(Red/**)