Pelantikan Pengurus Ikatan Ana' Dara Kallolo Soppeng dan Launching Pemilihan Duta Wisata dan AMKM Cilik 2023 -->


 

Translate


Pelantikan Pengurus Ikatan Ana' Dara Kallolo Soppeng dan Launching Pemilihan Duta Wisata dan AMKM Cilik 2023

CELEBESINDO
Jumat, 27 Januari 2023


Soppeng, Celebesindo.com,-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng bersama Ikatan Ana' Dara Kallolo Soppeng (Ikalong) baru saja menggelar Pelantikan Pengurus Ikalong masa jabatan 2022-2024 yang dibarengi dengan Launching Pemilihan Duta Budaya dan Pemilihan Ana' Dara Malebbi Kallolo Magaretta (AMKM) Cilik Tahun 2023 baru saja di Aula Disdikbud Soppeng pada hari Kamis, 26 Januari 2023.


Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Soppeng dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Kebudayaan, Dr. Karim, M.Pd., Ketua Umum Majelis Agung Raja-raja Sultan (MARS) Soppeng dan Dewan Pembina Ikalong YM. Andi Tantu Datu Galib., Penasehat Ikalong H. Zainuddin, Lc., Sponsor MakeUp Kostum dan Dewan Pembina Ikalong Andi Abdul Razak,S.Sos., Kepala Sekolah SD/SMP/SMU/SMK/MA., Badan Ekskutif Mahasiswa dari seluruh Perguruan Tinggi di Soppeng., Pengawas TK-SD dan AG SBB Karmawati, S.Pd.,M.Pd., Fasilitator SBB., Para calon Finalis Duta Budaya dan AMKM Cilik 2023, serta Staf Kebudayaan Disdikbud Soppeng.



Mengawali acara tersebut, Dr. Karim, M.Pd selaku Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Soppeng melantik secara resmi Kepengurusan Ikatan Ana' Dara Kallolo Soppeng (IKALONG) periode masa kerja 2022-2023 dengan membacakan ikrar kepengurusan. 


Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dan arahan, dalam sambutannya menyampaikan ribuan terimakasih kepada seluruh undangan yang menyempatkan hadir pada acara yang sangat luar biasa ini, tentu kedatangannya ini merupakan antusiasme dalam rangka pergerakan keingin tahuan dan pelestarian Budaya yang ada di Soppeng khususnya. 


Dan ucapan selamat disampaikan kepada pengurus yang baru saja dilantik dengan harapan semoga bisa mengemban amanah dan membawa organisasi ini jauh lebih baik dari yang sebelumnya. Pungkas Dr. Karim.


Lebih lanjut dikatakan dalam sambutannya, ia menitip harapan besar kepada generasi muda untuk terus mengembangkan bakat dan kemampuannya di era digital ini dengan tetap ikut serta melestarikan budaya lokal dan nasional. 


"Terima kasih kepada Ikatan Anadara Kallolo Soppeng yang turut serta ikut ambil bagian dalam membimbing dan membina anak-anak dan generasi muda berbenah menuju generasi muda emas harapan bangsa. 


Ajang Pemilihan Duta Budaya dan Anadara Malebbi Kallolo Magaretta Cilik dapat menjadi 'Best Practise' dalam Pengembangan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka yang digunakan di sekolah-sekolah sekarang ini.


Setelah menyampaikan sambutan, maka dilanjutkan dengan pemukulan Gong pertama oleh Dewan Pembina dan Ketua MARS Soppeng YM. Andi Tantu Datu Galib kemudian dilanjutkan oleh para yang lainnya, sebagai tanda dimulainya seleksi perekrutan pada pemilihan Duta Budaya dan AMKM Cilik 2023.


Sementara itu selaku Ketua Umum Ikalong Periode 2022-2024 yang baru saja dilantik, Ismadi Aquino dalam sambutannya mengatakan bahwa "dalam organisasi ini tentu saya selaku ketua umum Ikalong akan memikul beban berat dalam menakhodai Ikalong dalam 2 tahun kedepan, terlepas dari itu dengan kebersamaan dan kerjasama yang baik, insya Allah Ikalong akan tetap eksis dan berjaya dalam mewadahi para generasi muda dalam mencapai impiannya. Dan kami juga dari Ikalong sangat berharap besar untuk terus mendukung visi misi Ikalong kepada Pemerintah tetap bersinergi dalam upaya pengembangan mutu pendidikan serta upaya pelestarian nilai budaya melalui peran kepemudaan di Sulawesi Selatan khususnya di Soppeng Bumi Latemmamala tercinta ini. Tutur dengan semangat Ismadi.



Dikesempatan itu juga Ismadi Aquino memaparkan lebih detail sesi waktu perekrutan calon peserta seleksi pemilihan Duta Budaya diantaranya : 

1. Pendaftar Online, 9-25 Januari 2023

2. Launching, 26 Januari 2023

3. Pendaftaran 26-5 Februari 2023

4. Audisi Umum 8 Februari 2023

5. Pengumuman Audisi 9 Februari 2023

6. Technical Meeting 10 Februari 2023

7. Pembukaan Kegiatan 6 Maret 2023

8. Pra Karantina 7-8 Maret 2023

9. Karantina 9-10 Maret 2023

10. Grand Final 11 Maret 2023.


Dikatakan bahwa kegiatan ini tidak dikenakan biaya pendaftaran / Gratis. Untuk lebih jelasnya tekhnis lainnya seperti persyaratan, dll bisa hubungi CP. 082259376510 (Jasman), dan 085281711237 (Nana).


(Red/ARS)

.