Bersama IPSM, Wakil Bupati Soppeng Gotong Royong Perbaiki Tanggul Toddang SaloE Desa Kessing -->


 

Translate


Bersama IPSM, Wakil Bupati Soppeng Gotong Royong Perbaiki Tanggul Toddang SaloE Desa Kessing

CELEBESINDO
Jumat, 06 Januari 2023


Soppeng, Celebesindo.com, Pasca cuaca ekstrem dengan guyuran hujan yang terus turun beberapa hari terakhir ini mengakibatkan bencana banjir melanda Desa Kessing Kecamatan Donri-Donri yang berdampak pada rusaknya sebagian infrastruktur di wilayah tersebut termasuk melanda ratusan hektar lahan persawahan masyarakat.


Rusaknya sebagian infrastruktur dan terendamnya ratusan persawahan tersebut di akibatkan oleh bobolnya salah satu tanggul yakni Bendungan Toddang SaloE Desa Kessing Kecamatan Donri-Donri kabupaten Soppeng sehingga warga masyarakat dan petani mengeluhkannya apa lagi petani yang baru saja menanam padi sehingga di pastikan tidak dapat berharap banyak hasil panennya nanti.


Terkait hal itu, Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide, MP nampaknya merespon cepat terkait keluhan masyarakat dan petani yang ada di Desa Kessing.


Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide dengan sigap menggandeng Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat ( IPSM ) Kabupaten Soppeng dan Pemuda Siaga Bencana (PSB) serta Pemerintah Desa Kessing dan masyarakat setempat untuk bergotong royong melakukan penebalan tanggul dengan menggunakan Karung Pasir khusus untuk jaringan irigasi.


Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide MP mengungkapkan bahwa penebalan tanggul ini dengan menggunakan Karung Pasir sebagai langkah alternatif dan atau mengatasi banjir di wilayah Desa Kessing Kecamatan Donri-Donri kabupaten Soppeng, ujarnya.



"Kendati demikian Pemerintah Kabupaten Soppeng terus berusaha semaksimal mungkin agar permasalahan ini dapat diantisipasi dengan mengusulkan anggaran baik di kabupaten Soppeng, provinsi Sulawesi Selatan maupun melalui APBN, terangnya.


Sementara itu, Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) kabupaten Soppeng Zainuddin Laba menyampaikan terimakasih atas respon pemerintah kabupaten Soppeng dalam hal ini wakil Bupati H Lutfi Halide yang turun langsung melakukan gotong royong bersama masyarakat, ujarnya.


Hal senada juga di sampaikan Kades Kessing Andi Adam Malik bahwa dengan turun langsung Wakil Bupati Soppeng Ir Lutfi Halide memberikan semangat kepada masyarakat untuk menumbuhkembangkan sikap gotong royong apa lagi demi kepentingan umum dan masyarakat petani, katanya.


"Oleh karenanya terkait hal itu selaku pemerintah Desa Kessing dan jajaran, kami mengucapkan terimakasih, pungkasnya.


(Red)