Andi Rahman Sulo : Mari Bergerak Bersama untuk Gerakan Kepramukaan di Setiap Pangkalan Gudep -->


 

Translate


Andi Rahman Sulo : Mari Bergerak Bersama untuk Gerakan Kepramukaan di Setiap Pangkalan Gudep

CELEBESINDO
Senin, 16 Januari 2023

Soppeng, Celebesindo.com,-Usai menyelesaikan Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan yang digelar Kwartir Ranting Lalabata  Kabupaten Soppeng dengan sistem pendidikan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) yang digelar selama 7 hari, para peserta Kursus Mahir Dasar dituntut untuk menyusun Rencana Tindak Lanjut sebagai wujud awal mulainya pergerakan untuk memulai gerakan Pramuka serta dapat pengimplementasian selama mengikuti pendidikannya.


Andi Rahmayuddin, S.Pd Guru SDN.3 Lemba yang sering disapa Andi Rahman Sulo ini seorang aktifis dibeberapa organisasi / komunitas kependidikan, pegiat media sosial, dan seorang jurnalis pendidikan; merupakan salah satu lulusan KMD Kwartir Ranting Lalabata, ia menyampaikan bahwa selama mengikuti pelatihan ini ada banyak hal yang didapatkan di sana diantaranya ilmu kepramukaan, persaudaraan, keseruan,  kekompakan, dan kedisiplinan. Tidak hanya selesainya pendidikan yang kami tempuh selama proses KMD lalu diam begitu saja, tidak. Tapi ini adalah awal pergerakan untuk memulai gerakan pendidikan kepramukaan di sekolah atau pangkalan gugus depan masing masing untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik.


Lebih lanjut Andi Rahman Sulo menjelaskan bahwa menjadi lulusan KMD Kepramukaan merupakan amanah besar yang wajib untuk dijalankan karena keberadaan Gerakan Pramuka yang juga sebagai jembatan berfungsi untuk membentuk karakter peserta didik tentunya sudah tak perlu diragukan lagi. 


"Karena titik berat pendidikan pramuka adalah pembentukan watak, pembangunan akhlak, serta pembentukan nilai–nilai seorang patriot dan moralitas yang luar biasa, terang Dia Senin (16/1/2023).


"Namun, dalam pelaksanaannya sering dijumpai beberapa persoalan yang mendasar. 


Ia mencontohkan, "Seperti persoalan banyaknya peserta didik yang sama sekali tak berminat dengan pramuka. 


"Nah, disinilah letak tantangan beratnya, kami dituntut supaya bagaimana peserta didik bisa mencintai Pramuka dan bisa menebar cinta dari kepramukaan itu sendiri.


"Olehnya itu, saya mengajak kepada teman-teman seprofesi guru bagi yang sudah bersertifikat KMD maupun yang belum, mari bersama sama memulai bergerak untuk menggerakkan gerakan Pramuka di pangkalan Gudep masing-masing, apalagi tugas pokok seorang guru menjaga, mengarahkan dan membimbing agar siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi, minat dan bakatnya. 


"Kita sebagai guru harus menjadi motivator, proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa memiliki motivasi dalam belajar. 


"Oleh sebab itu, guru perlu menumbuhkan potensi belajar siswa, sehingga, dengan adanya Pramuka kita bisa jadikan Pendidikan Kepramukaan sebagai media dan metode yang paling tepat dalam proses pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik, pungkasnya.


(Red/**)