Dr. Andi Nurhidayati, S.Sos., M.Si Beri Bantuan ke Perpustakaan "Cerdas Literasi" IGI Soppeng -->


 

Translate


Dr. Andi Nurhidayati, S.Sos., M.Si Beri Bantuan ke Perpustakaan "Cerdas Literasi" IGI Soppeng

CELEBESINDO
Jumat, 06 Januari 2023


Soppeng, Celebesindo.com,-Perpustakaan "Cerdas Literasi" merupakan hasil gagasan inovasi dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Soppeng yang berkomitmen akan terus menggalakkan pergerakan budaya literasi dengan menyediakan wadah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat umum dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang bermarkas di Jalan Merdeka (Lapajung) Watansoppeng.


Perpustakaan "Cerdas Literasi" hadir dengan memiliki konsep Warung Kopi (Warkop) sesuai dengan keadaan / situasi dan kegemaran masyarakat Soppeng saat ini yaitu, nongkrong di warung kopi (warkop) karena tidak bisa dipungkiri lagi bahwa telah menjadi budaya dan sudah menjamur di kalangan masyarakat. 

Warkop telah menjadi pusaran dari segala geliat kegiatan masyarakat dari segala macam profesi. 

Selain itu, warkop juga telah menjadi tempat rehat yang bagus dari segala rutinitas yang tidak kunjung putus sembari bercengkarama, berdikusi, dan tempat menumpahkan segala keluh kesah dari permasalahan pribadi maupun tempat kerja.


Tentu yang lebih utama lagi di tempat ini (Warkop Cerdas Literasi) para pengunjung dapat terus menjaga silaturahmi di tengah kesibukan masing-masing. Warkop telah menjadi pangkalan dari segala aktivitas, termasuk dalam hal berliterasi. 


Ruang berliterasi sekarang ini bukan lagi sebagai aktivitas baca tulis yang dilakukan terbatas di sekolah-sekolah, perguruan tinggi, perpustakaan umum, atau lembaga lainnya. 


Alhamdulillah, Perpustakaan ini menyediakan ratusan unit buku bacaan, sarana perpustakaan digital dengan 3 unit komputer PC ketiganya memuat ratusan bahkan ribuan buku-buku referensi. 


Keberadaan perpustakaan "Cerdas Literasi" dapat menjadi akses bagi  masyarakat umum, para pelajar, pendidik maupun Mahasiswa dan Dosen, apalagi tempatnya yang sangat strategis.


Keberadaan Warkop Cerdas Literasi ini yang sudah dilengkapi dengan fasilitas WiFi, jadi pengunjung bisa lebih mudah mengakses segala informasi dan berliterasi dengan baik ditengah era digital dan tantangan zaman. Waktu melesat sangat cepat, di era digital ini orang bisa beraktivitas literasi melalui dunia digital. 


Bayangkan dalam hitungan detik kita bisa mengetahui informasi tentang peristiwa-peristiwa yang berkembang di sekitar kita. Literasi telah menjadi suatu wadah yang sangat praktis. 

Untuk memvariasikan bentuk literasinya, Perpustakaan Cerdas Literasi juga menyiapkan ratusan buku-buku cetak dan Komputer PC yang merupakan Hibah dari salah seorang anggota DPR Provinsi Sulawesi Selatan yakni Dr. Andi Nurhidayati, S.Sos.,M. Si yang diserahkan langsung di Markas Perpustakaan Cerdas Literasi di Jln. Merdeka. Kamis, 4 Januari 2023. Dan sebagian Buku-buku paket milik pribadi dari pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Soppeng yang disumbangkan ke Perpustakaan ini.


Muh. Arfan Mubarak, S.Pd selaku Ketua IGI Kab. Soppeng dalam penerimaan bantuan didampingi oleh salah seorang akademisi dan tokoh literasi Bapak Dr. Nur Alim, M. Pd. Hadir pula, Ketua Himpaudi, dan ketua JSDI dan Ketua Sie. Humas IGI, berharap semoga keberadaan perpustakaan Cerdas Literasi dapat berjalan sesuai fungsi perpustaakaan sesuai hakikatnya. 


"Tentu saja kami dari IGI Soppeng akan terus mendukung Pemerintah setempat untuk menjalin kerjasam dengan berbagai elemen masyarakat dalam menyosialisasikan program literasi bagi warga. 


"Literasi tidak hanya berhubungan dengan ranah pendidikan sekolah, perguruan tinggi, dan perkantoran, tetapi juga melingkupi semua ranah tempat dan lingkungan, termasuk juga di warkop. 


"Mudah-mudahan dengan kepeduliaan dari berbagai pihak dapat meningkatkan semangat berliterasi di Kabupaten Soppeng yang belakangan ini memang semakin bergairah, tandasnya.

(ARS)