Galakkan Budaya Literasi, SDN 3 Lemba Lalabata Komitmen Terus Tingkatkan Kemitraan Dengan Perpusda Soppeng -->


 

Translate


Galakkan Budaya Literasi, SDN 3 Lemba Lalabata Komitmen Terus Tingkatkan Kemitraan Dengan Perpusda Soppeng

CELEBESINDO
Kamis, 19 Januari 2023


 Soppeng, Celebesindo.com,-UPTD SPF SDN 3 LEMBA Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng berkunjung ke Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Soppeng, Kamis 19 Januari 2023. 


Kunjungan ini didampingi oleh Pengelola Perpustakaan SDN.3 Lemba Hj. Musdalifah Salama, S.Sos bersama Guru Kelas mereka yakni Jamila, S.Pd dan Rosita, S.Pd


Menurut Hj. Musdalifah S selaku Kepala Perpustakaan SDN 3 Lemba, mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya kunjungan ini adalah mengenalkan kepada siswa tentang dunia literasi yang lebih luas, sehingga mampu menjembatani siswa menemukan motivasi untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih bermakna. 


"Kita ingin memperkenalkan dan memacu siswa untuk mempunyai cita-cita yang lebih tinggi, melalui perpustakaan. 


"Karena dengan awal mengenalkan siswa terhadap perpustakaan, akan muncul rasa cinta terhadap buku, rasa cinta terhadap membaca, sehingga dari membaca akan tercipta suatu ide dan gagasan yang luar biasa kelak di masa depan, Ucap Hj. Musdalifah.


Dalam kunjungan ini, siswa tidak hanya mendapatkan motivasi tentang dunia literasi yang ada di Perpustakaan Soppeng, tetapi mereka diajak untuk jalan-jalan berkeliling di setiap ruang Perpustakaan, melihat lebih dekat buku dan koleksi yang ada di Perpustakaan serta memperkenalkan perpustakaan digital dan layanan internet.



Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan Dinas PK Kab. Soppeng Mappanganro, S.Sos juga selaku pelaksana harian Sekretaris DPK Soppeng, mengatakan bahwa kami dari pihak Perpusda Soppeng sangat menyambut baik dengan kehadiran anak anak kita untuk membaca dan mengenal lebih jauh lagi perpustakaan serta ini bisa terus berkelanjutan, tentu kita harus memberi pemahaman kepada mereka akan pentingnya dan fungsi adanya perpustakaan. 


"Karena kita ketahui perpustakaan sebagai lembaga penyedia ilmu pengetahuan dan informasi memiliki peran yang sangat penting bagi semua  orang. Demikian juga dalam halnya dunia pendidikan seperti sekolah.


Perpustakaan memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung agar siswa gemar membaca,  meningkatkan literasi informasi, menambah wawasan, juga untuk memenuhi kebutuhan siswa agar lebih memperdalam  ilmu pengetahuan.




Lebih lanjut dikatakannya membaca sangat penting bagi siswa, karena dengan membaca siswa bisa mendapatkan banyak informasi, sehingga dapat membuka wawasan lebih luas. 


"Tidak semua siswa berminat pergi keperpustakaan, dan di saat istirahat masih banyak siswa memilih bermain atau jajan daripada membaca buku di perpustakaan. 


"Hal itu disebabkan masih kurangnya minat untuk membaca para siswa.


"Hal ini juga merupakan tantangan bagi para guru dan orang tua siswa untuk lebih memberikan dorongan, motivasi kepada para siswa  agar mereka menyadari betapa pentingnya gemar membaca.


(Red/ARS)