PGRI Kabupaten Soppeng Peringati HUT PGRI ke 77 dan Hari Guru Nasional -->


 

Translate


PGRI Kabupaten Soppeng Peringati HUT PGRI ke 77 dan Hari Guru Nasional

CELEBESINDO
Senin, 26 Desember 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Soppeng menggelar Upacara Peringatan Hut PGRI Ke 77 dan Hari Guru Nasional di Halaman Kantor Bupati Soppeng Senin, 26 Desember 2022.


Upacara yang dihadiri Wakil Bupati Soppeng, Kapolres Soppeng, Dandim 1423 Soppeng, Para Pimpinan SKPD Kabupaten Soppeng, serta diikuti Guru-guru dari masing-masing Pengurus PGRI Kecamatan Se Kabupaten Soppeng yang terdiri dari Guru SMA/SMK/MA, SMP/MTs, dan SD/MI serta Para Tenaga Pendidik dan Kependidikan lainnya. Tema HUT PGRI Ke 77 dan HGN Tahun 2022 ini mengangkat Tema “Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat – Indonesia Maju.



Wakil Bupati Ir. H. Lutfi Halide, MP yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagaimana kita ketahui bahwa Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang secara resmi berdiri 100 hari setelah Indonesia Merdeka, yakni tanggal 25 November 1945. Sehigga saat ini telah berusia 77 tahun sama dengan usia Kemerdekaan Negara Indonesia. Hari lahir PGRI sekaligus ditetapkan oleh Pemerintah sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati oleh seluruh Bangsa Indonesia setiap tahun.


PGRI sebagai organisasi profesi bagi para guru, baik ASN, P3K maupun Guru Sukarela (Honor) menjadi wadah bagi Bapak/ibu guru dalam meningkatkan kompetensi, memajukan wawasan dan menambah keterampilan, yang sekaligus menjadi mitra pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. 


Dalam kiprahnya sebagai organisasi profesi tentu telah banyak memberikan kontribusi untuk menigkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia Indonesia, mempersiapkan generasi bangsa sebagai penerima estafet kepemimpinan di masa depan, mempersiapkan mereka mencapai 100 tahun Indonesia Merdeka ditahun 2045. 


Kitapun melihat bahwa PGRI telah tampil dalam mendorong anggotanya meningkatkan motivasi, kreasi dan aktifitas sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme dan pengabdian kepada tugas, jabatan, atau pekerjaan.


Bapak/Ibu Guru telah berada pada profesi yang sangat mulia, yang karena usaha dari Bapak/Ibu, dan tentu tidak bisa dipungkiri  banyak orang yang mendapatkan kecerdasan, memiliki pengetahuan dan wawasan bahkan keterampilan yang mengagumkan, sehingga dapat mengantarkan seseorang mendapatkan pekerjaan, memiliki jabatan atau mempunya penghasilan dari usaha yang dilakukan. 


Namun demikian kita tidak boleh lengah dengan hasil yang sudah dicapai, atau membagakan diri dengan prestasi yang telah diraih, Banyak yang sudah dikerjakan akan tetapi lebih banyak lagi yang harus kita lakukan.


Kita saat ini dihadapkan pada tantangan Tekhnologi Informatika, yang kesemuanya membutuhkan kerja keras untuk dapat menterjemahkan agar dapat masuk ke dalam ruangan kelas, kita harus mengintegrasikan agar ada di setiap sekolah, sehingga baik sebagai guru atau pengajar tidak buta terhadap kemajuan tekhnologi sehingga dikategorikan gagal tekhnoloogi, apalagi kita ketahu bersama bahwa sumber pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu ada pada kemampuan kita dalam bidang tekhnologi dan informatika. 


Dengan Tekhnologi dan Informatika, maka wawasan kita akan selalu uptudate.


Demikian juga saat ini Bapak dan Ibu Guru serta kita semua ada pada tantangan implementasi dari nilai-nilai moral dan terwujudnya karakter yang terpuji pada setiap manusia Indonesia utamanya para siswa yang ada di hadapan kita, mereka sadar ataupun tidak kita telah melihat bahwa betapa nilai-nilai karakter pada diri anak-anak kita  tergerus oleh pengaruh globalisasi dan tekhnologi itu sndiri.



Oleh karena itu PGRI dan seluruh Guru serta kita semua yang ada di tempat memiliki tanggung jawab agar tekhnologi yang ada di dekat anak-anak kita tidak membawa mereka pada suasana yang semakin jauh dari nilai- nilai kesopanan dan nilai-nilai budaya dan agama yang kita anut. Kepada seluruh Pengurus dan Anggota PGRI jadikan momentum peringatan HUT ke 77 dan HGN Tahun 2022 ini sebagai pembulatan tekad dan keyakinan, dalam mengerahkan segala potensi dan kemampuan untuk memikirkan segala usaha yang dapat dijadikan sebagai landasan dalam menjaga nilai-nilai karakter anak sehingga senantiasa terjaga dari berbagai pengaruh negatif, yang boleh jadi penyebabnya ada di sekitar lingkungan kehidupan kita, akan tetapi kita tidak rasakan.


Akhirya perkenankan saya menyampaikan selamat dan sukses keoada PGRI dan seluruh Bapak dan Ibu Guru dalam memperingati HUT ke 77 PGRI dan HGN Tahun 2022. 


Jaga kebersamaan pelihara persatuan dan kesatuan, kembangkan persaudaraan.


Sementara itu ditemui di tempat yang berbeda Ketua PGRI Kabupaten Soppeng Drs. H. Asis, M.Pd.I mengatakan dan mengajak para insan PGRI untuk terus menjaga kemitraan yang strategis dan konstruktif dengan pemerintah dan pemerintah daerah dan menjadi saluran aspirasi para anggotanya dalam mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional. 


Zaman telah berubah pengurus dan anggota PGRI disemua tingkatan harus adaftif merespon segala perubahan dengan saling belajar dan berbagi.


Kami juga terus membuka kesempatan bagi para guru untuk mengikuti program Guru Penggerak yang berbeda dengan program pendidikan yang ada selama ini.


Program Guru Penggerak bertujuan untuk menghasilkan generasi baru kepemimpinan pendidikan Indonesia.


Sekretaris PGRI Kabupaten Soppeng Harun, S.Sos.,S.Pd.,M.Si dikesempatan ini menyampaikan beberapa Guru berprestasi yang menerima penghargaan diantaranya.


A. LOMBA VIDIO PEMBELAJARAN

• Juara 1. Ashar Hidayah, S.Pd.,M.Pd. MAN 1 Soppeng

•Juara 2. Hj. A. Fatmawaty S.Pd. SMPN 1 Watansoppeng

• Juara 3. Ammar Saputra SDN 145 Limpotenga

• Juara 4 Misbahuddin Tahir, S.Pd.,M.Pd. SMPN 6 Lilirilau

• Juara 5 Indah Purnamasari, S.Pd. SDN 150 Lausa

• Juara 6 Nurlia,S.Pd. SDN 59 Penre

• Juara Favorit  Sumiati, S.Pd. SDN 52 Welonge


B. CATUR PUTRA

• Juara 1 Alirman, S.Pd. SDN 117 Maniangpatu

• Juara 2 Drs. A. Badaruddin SMAN 2 Soppeng

• Juara 3 Sofyan, S.Pd.,MPd Dinas Dikbud Cab Khusus


C. CATUR PUTRI

• Juara 1 Dewi Hastuti, S.Pd. SMKN 3 Soppeng

• Juara 2 Hj. Kasma, S.Pd. SDN 249 Mattirobulu

• Astri Purnamasari S.Pd.,Gr. SDN 138 Congko


D. TENNIS MEJA PUTRA

• Fitra Saldy, S.Pd.,M.Pd. SDN 173 Tocampu

• Drs. Ngenre SMA Neg. 2 Soppeng

• Drs. Asrullah, M.M. SDN 136 Labessi


E. TENNIS MEJA PUTRI

• Juara 1. Fitriani, S.Pd. SMP Neg. 3 Watansoppeng

• Juara 2. Karmawati, S.Pd.,M.Pd.

• Juara 3. Hj. Tasiah, S.Pd. SDN 157 Pajalesang


F. BOLA VOLLY

• Juara 1. PGRI cabang Lala bata juara 

• Juara 2. PGRI cabang gandra juara

• Juara 3. PGRI cabang lilirilau

• Juara 4. PGRI cabang mariori wawo


G. LOMBA TIM SIMULASI BESTPRACTICE TK.PROVINSI SULAWESI SELATAN

• Muhammad Husni, S.Pd.,M.Pd.

• Andi Nurhaedah, S.Pd.,M.Pd. SMPN 1 Soppeng

• Asriani, S.Pd. SMPN 2 Watansoppeng

• Rahmaningsi, S.Pd. SDN 100 Dare Bunga-bungae

• Eka Gustiani, S.Pd. SDN 161 Karya

• Andi Hermiyati, S.TP., S.Pd. Kelompok Bermain Nabigh.


Inovasi Government Award Tahun 2022 Tingkat Nasional dilaksanakan pada bulan Desember 2022 oleh Kemendagri :

1. "Inovasi Pena Anak Indonesia Soppeng" Inovator Gusnawati, S.Pd., M.Pd (SMPN.1 Soppeng).

2. "Inovasi Kelas Ogi / Kelas berorientasi Bugis", Inovator Rahmaningsi, S.Pd (SDN. 100 Dare Bunga-bungae)

3. "Inovasi Tahsin Qiroah", Inovator Nurhayati, S.Pd (SMPN. 1 Marioriwawo)

4. "Inovasi PABACAKA (Program Membaca Kelas Awal dan Kelas Atas) Memanfaatkan Teras Baca". Inovator Muh. Tahir, S.Pd.SD (SDN. 208 Pajalele)

5. "Inovasi Mobile Class Mario (Kelas Digital yang menyenangkan, Aktif, Reflektif, Inovatif, dan Objektif), Inovator Risman Hasil, S.Pd.,M.Pd (Kec. Marioriwawo).