Pengamat Politik Sebut Anies Baswedan Disukai Masyarakat Sumbar -->


 

Translate


Pengamat Politik Sebut Anies Baswedan Disukai Masyarakat Sumbar

CELEBESINDO
Sabtu, 10 Desember 2022



Sumbar, Celebesindo,Pengamat politik dari Universitas Andalas, Najmuddin Rasul, mengatakan bila berhasil maju sebagai calon presiden di Pemilu 2024, mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akan meraup banyak suara di Sumatra Barat.

Menurut Najmuddin, Anies memiliki kriteria pemimpin yang disukai masyarakat Sumbar.

Yakni, Anies selama ini dikenal sebagai pmimpin yang dekat dengan umat Islam. “Pemilih Sumbar baik pemilih pemula maupun pemilih senior bahkan undecided voters cenderung rasional. Anies sudah menjadi idola oleh warga sumbar.

Kehadiran Anies cenderung semakin memantapkan pilihannya dan Sumbar menjadi lumbung suara Anies,” kata Najmuddin, kepada Republika.co.id, Rabu (30/11/2022).

Najmuddin mengatakan hal tersebut begitu mendapatkan informasi akhir pekan ini Anies akan melakukan kunjungan ke sejumlah tempat di Sumbar. Seperti ke Kota Padang Panjang dan Kota Padang.

Tak lama setelah Anies dideklarasikan sebagai bakal capres oleh Partai Nasdem, Najmuddin menyebut kini sudah banyak di jalanan di Sumbar dipasangi baliho bergambar mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hal itu menurut dia akan memberi dampak buat Partai Nasdem dan para bakal caleg yang akan maju melalui partai tersebut.

Najmuddin menyebut masyarakat Sumbar memiliki karakter sebagai pemilih rasional di setiap pemilu.

Ia mengatakan, masyarakat Sumbar kerap lebih memperhatikan figur ketimbang partai.

Pada Pemilu 2004 dan 2009, masyarakat Sumbar cenderung lebih memilih Susilo Bambang Yudhoyono dari Partai Demokrat.

Pada Pemilu 2014 dan 2019, giliran Prabowo Subianto yang selalu menang telak di Sumbar. Najmuddin meyakini bila Anies maju di Pilpres 2024, ia akan mendominasi perolehan suara di Sumbar.

“Berdasarkan beberapa hal survei menunjukkan bahwa Anies cenderung meningkat elektabilitas dan popularitasnya,” ucap Najmuddin.

(Dilansir dari Republika, 30/11/2022) Red.